Furniture Minimalis Serap Atensi Peminat

-

Furniture minimalis perlu dipilih dengan baik agar tampilan ruangan di rumah Anda makin sempurna. Tak hanya untuk mempercantik ruangan, furniture yang dipilih haruslah berfungsi secara maksimal.

Kondisi ruangan dan pemilihan furniture merupakan 2 komponen yang perlu diperhatikan dalam proses menata ruangan. Pasalnya, furniture atau ornamen yang berlebihan tentu akan merusak estetik dari keseluruhan ruangan.

Baca juga: Mau Pengunjung Kafe Ramai? Ikuti 5 Inspirasi Desain Menarik ini

Lantas, hendak kemana seseorang jika ingin memenuhi kebutuhan akan furniture minimalis tersebut? Yang pertama tentu saja ke swalayan khusus yang menyediakan berbagai macam furniture.

Namun, saat ini sudah banyak pelaku UMKM yang bisnis utamanya menyediakan berbagai macam furniture minimalis. Menariknya, banyak masyarakat yang lebih memilih mempercayakan kebutuhan akan furniture-nya ke beberapa UMKM tersebut, ketimbang membelinya secara langsung di sebuah swalayan khusus furniture. Tentu saja karena harganya yang relatif lebih murah.

Dewasa ini, pertumbuhan bisnis furniture terus meningkat dari tahun ketahun. Dikutip laman kemenperin.go.id, pada triwulan I tahun 2021, kinerja industri furniture mampu bangkit dan tumbuh positif sebesar 8,04% dari tahun sebelumnya. Terlebih, tahun 2020 merupakan tahun awal dimana Indonesia mengalami pandemi Covid-19. Selanjutnya, Kemenperin mengemukakan “aktivitas belanja online yang semakin marak juga mendukung peningkatan penjualan furniture, baik memenuhi pasokan pasar domestik maupun ekspor,” imbuhnya.

Baca juga: Industri Mebel Nasional Ditargetkan Tumbuh 16% Tahun Ini

Melihat fakta diatas, apakah Anda tertarik membangun bisnis furniture juga? Jika iya, bagaimana agar bisnis furniture minimalis ini mampu menyerap atensi konsumen?

Untuk itu, pada artikel kali ini, KAWN coba memberikan beberapa tips atau strategi untuk menarik minat konsumen pada bisnis furniture minimalis ini. Dikutip dari berbagai sumber, berikut pemaparannya.

Furniture Minimalis dengan Design Unik, Artistik dan Menarik

source : canva

Furniture dengan design unik, menarik dan memiliki nilai seni tinggi biasanya mampu menyerap atensi peminat lebih tinggi dibanding furniture yang biasa saja. Bahkan, jika furniture tersebut dihargai berapa pun pasti ada saja calon pembelinya.  

Untuk itu, buat usaha furniture Anda berbeda dari yang lainnya dengan menawarkan design yang berbeda juga. Jika perlu, hired karyawan yang expert di bidangnya, yakni seorang designer.  

Tentukan Target Market Bisnis Anda

source : canva

Agar bisnis bisa berjalan dengan dengan baik dan tepat sasaran, ada baiknya jika Anda tentukan target pasar yang akan Anda tuju. Sebagai contoh, jika bisnis furniture Anda masih dalam tahap pengembangan, Anda bisa sasar beberapa target yang cukup realistis juga, seperti ibu rumah tangga dengan rumah kelas menengah kebawah. Dengan begitu, Anda bisa lebih fokus dan mengerti bagaimana cara menyerap atensi peminat pada pasar tersebut.

Pasarkan Secara Online

source : canva

Perlu Anda ketahui, membuka toko furniture secara offline membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Untuk itu, Jika Anda pemain baru pada bisnis ini, lebih baik membuka toko dan memasarkan secara online saja. Karena banyak sekali platform yang bisa digunakan untuk memasarkan produk, mulai dari berbagai macam market place, media sosial dan juga website.  

Baca juga: Peran Website Terhadap Perkembangan Sebuah Bisnis

Media sosial misalnya, tingginya angka pengguna media sosial saat ini memberikan keuntungan tersendiri bagi para pelaku usaha, tidak terkecuali pada bisnis furniture minimalis. Anda bisa saja memanfaatkan media sosial untuk melakukan pemasaran serta penjualan dengan lebih efisien, mudah dan tentu saja hemat biaya.

Baca juga: 7 Trik Memanfaatkan Media Sosial untuk Tingkatkan Penjualan

Tentukan Harga yang Sesuai dengan Kualitas Produk

source : canva

Agar bisa menyerap atensi peminat lebih banyak, Anda juga harus cermat dalam menentukan harga. Kuncinya, tentukan harga yang sesuai dengan kualitas produk dan juga target market yang Anda sasar. Jangan terlalu murah, dan juga jangan terlalu mahal.

Namun perlu Anda ingat, bahwa harga dan kualitas yang sesuai membuat Anda mampu bersaing dengan kompetitor lainnya. Bahkan tidak jarang, banyak pelaku bisnis yang ditinggalkan oleh konsumennya karena melampirkan harga yang tidak sesuai dengan kualitas barang.

Baca juga: Baru Membuka Bisnis F&B, Tentukan Harga Jual Produk dengan Cara Berikut Ini!

Jalin Kerjasama dengan Asosiasi atau Pebisnis Lainnya

source : canva

Pada periode awal membangun bisnis, Anda bisa menyasar target market yang berskala kecil. Namun, guna mengembangkan bisnis Anda, tidak ada salahnya jika menjalin kerjasama dengan beberapa pebisnis lain, mulai dari pebisnis bidang properti atau perumahan, pemilik restoran maupun perkantoran.

Selain itu, beranikan diri Anda juga untuk bergabung ke berbagai asosiasi atau organisasi yang bergerak pada bidang furniture. Di Indonesia sendiri ada beberapa wadah bagi pengusaha pada bidang tersebut, yakni ASMINDO (Asosiasi Pengusaha Mebel Indonesia) dan juga HIMKI (Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia). Bukan tidak mungkin, dengan berkecimpung di dalamnya Anda bisa mendapatkan ilmu baru, jaringan baru atau bahkan klien baru.

Baca juga: Komunitas Bisnis, Temukan Manfaat Saat Anda Bergabung Didalamnya

KawanKAWN, setelah membaca artikel diatas, apakah Anda Tertarik juga membangun bisnis furniture minimalis ini? Yuk diskusikan di kolom komentar.