Digital Printing, Nikmati Cuan Melimpah dengan Tips Berikut!

-

Digital printing menjadi salah satu bisnis percetakan yang cukup mudah ditemui dewasa ini. Hal ini tentu tidak lepas dari peran teknologi yang memberi dampak positif diberbagai aspek kehidupan, mulai dari pendidikan, transportasi, hiburan, industri pangan dan juga dunia percetakan.

Baca juga: Teknologi yang Digunakan Aplikasi Kasir Online

Bisa dibilang, digital printing merupakan teknik percetakan berbasis digital yang memiliki banyak keunggulan dibanding percetakan secara konvensional. Dikutip snapy, berikut beberapa keunggulan yang dimiliki oleh mesin digital printing:

  1. Waktu produksi yang terbilang cukup singkat.
  2. Tidak ada minimum order, artinya konsumen bisa memesan dalam jumlah sedikit, baik itu 1 lembar kertas atau 1 kaos pun bisa dilayani.
  3. Tahapan produksi yang lebih ringkas, sehingga bisa dilakukan oleh sedikit pekerja.

Selain itu, bukan hanya pada media kertas saja, digital printing bisa melakukan pencetakan ke berbagai media cetak lainnya, seperti keramik, vinyl, plastik atau bahkan kain. Karena semua hal positif itulah, banyak konsumen yang mempercayakan hasil cetaknya terhadap digital printing.

Melihat kondisi tersebut, membuat bisnis digital printing banyak dijalankan seseorang, terutama bagi dia yang sudah terjun kedua percetakan sebelumnya. Akan tetapi, karena modal yang dibutuhkan tidak sedikit, membuat banyak orang mengurungkan niatnya untuk memulai bisnis ini.  

Nah, bagi Anda yang sudah membulatkan tekad untuk memulai bisnis digital printing, yuk simak beberapa tips berikut! Dikutip dari beberapa sumber, berikut ulasannya.

Digital Printing Perlu Mesin Cetak yang Berkualitas

source : cermati

Mesin cetak yang berkualitas memiliki peran yang sangat fundamental pada sebuah bisnis digital printing. Pasalnya, tingkat kepuasan pelanggan pada bisnis ini berada pada hasil cetakan yang tentunya berkualitas juga.

Baca juga: Kepuasan Pelanggan, Terapkan Cara ini untuk Mengukurnya

Memang tidak bisa dipungkiri, mesin cetak digital memiliki banderol harga yang tidak murah. Seperti dikutip maxipro, mesin digital printing indoor dibanderol mulai dari Rp 85 - 120 juta per unitnya. Sedangkan, mesin digital printing outdoor dihargai jauh lebih mahal, yakni berkisar antara 265 hingga 400 juta rupiah per unitnya.  

Oleh karena itu, langkah Awal saat Anda membangun bisnis ini adalah dengan menyediakan modal yang cukup untuk membeli mesin cetak digital yang berkualitas. Selain itu, modal juga dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan lainnya, mulai dari bahan cetak, tinta, komputer, sewa tempat hingga kebutuhan outlet lainnya, seperti meja dan kursi.

Cari Karyawan Handal

source : anteraja

Mencari karyawan handal juga tidak kalah penting saat Anda membangun bisnis digital printing. Seperti kita ketahui, ada 2 perangkat yang wajib dioperasikan saat melakukan pencetakan, yakni mesin cetak digital dan juga komputer. Untuk itu, cari karyawan yang mampu mengoperasikan kedua perangkat tersebut.

Baca juga: Loyalitas Karyawan, Bagaimana Cara Meningkatkannya?

Sediakan Layanan yang Beragam

source : globalsignin

Perlu Anda catat, jika digital printing tidak hanya mencetak teks atau gambar pada media kertas saja. Ada berbagai media cetak lainnya yang mampu dibuat oleh mesin cetak digital, mulai dari mug, kaos, banner, stiker, id card, tumbler dan juga berbagai macam merchandise atau souvenir. Untuk itu, demi mengakomodir permintaan yang sangat beragam dari banyak konsumen, sediakan semua layanan tersebut.

Siapkan Lokasi Usaha yang Memadai dan Juga Strategis

source : tmstools

Seperti yang kita ketahui, mesin cetak digital memiliki jenis dan ukuran yang berbeda-beda. Bahkan, ada mesin cetak digital yang panjangnya hingga 5,4 meter, maka dari itu Anda wajib menyiapkan lokasi yang cukup luas.

Selain kapasitas, Anda juga wajib menyediakan AC atau pengatur suhu ruangan. Pasalnya, sebagaimana dikutip snapy, hasil cetakan yang berkualitas juga dipengaruhi oleh suhu ruangan. Selain itu, suhu ruangan juga lah yang membuat umur mesin cetak digital menjadi awet, terutama bagian printhead. Suhu ideal untuk ruangan mesin cetak digital adalah sekitar 26 derajat celcius.

Akan tetapi, tidak hanya untuk mesin cetak saja, Anda juga harus menyediakan ruang yang layak untuk melakukan layanan kepada konsumen. Paling tidak, dengan kedua ruangan ini Anda sudah bisa membangun bisnis ini.

Selain itu, tidak kalah pentingnya adalah mencari lokasi yang strategis. Bisa dibilang, lokasi usaha yang strategis merupakan lokasi yang banyak dilalui orang dan juga berdekatan dengan target market dari bisnis ini, seperti sekolah, kampus atau perkantoran. Tentunya, hal ini agar bisnis Anda dapat dikenal banyak orang.

Jangkau Semua Segmen Pasar

source : theaiminstitute

Terakhir, jangkau semua segmen pasar pada bisnis digital printing. Karena tentunya, dengan menjangkau semua, Anda dapat meraup keuntungan yang sebesar-besarnya.

Dikutip laysander, setidaknya ada 3 segmen pasar yang wajib Anda kenali pada bisnis ini:

1. Retail

Konsumen retail lebih sering melakukan pesanan dalam jumlah kecil, namun sangat bervariasi. Keunggulan, biasanya pembayaran dilakukan lebih cepat dengan cara cash atau transfer.

2. Corporate atau Perusahaan

Segmen pasar yang pertama ini dinilai sangat menguntungkan, pasalnya perusahaan biasanya melakukan pesanan dalam jumlah besar. Namun satu-satunya kendala ada pada sistem pembayarannya. Tak jarang perusahaan melakukan pembayaran berdasarkan term of payment yang berlaku, bisa saja 1 minggu, 1 bulan atau bahkan 3 bulan.

3. Pemerintahan

Sama seperti perusahaan, pemerintahan juga butuh media cetak untuk mengiklankan sesuatu atau pun menyampaikan informasi tertentu. Misalnya saja, saat momen pemilihan umum, dimana dana yang dialokasikan untuk biaya percetakan relatif sangat besar. Oleh karena itulah, pemerintahan menjadi salah satu pangsa pasar favorit para pebisnis digital printing.

Baca juga: Segmentasi Pasar: Tujuan, Manfaat, Syarat, dan Jenisnya

KawanKAWN, baru saja kita ulas beberapa tips saat membangun bisnis digital printing. Namun, jika Anda memiliki opini atau pandangan lainnya tentang bisnis digital printing, silahkan tulis di kolom dibawah ini ya! Terima kasih!