CRM Ternyata Ampuh Tingkatkan Efektivitas & Produktivitas! Cek Ragam Manfaatnya

-

CRM, mungkin sepintas di benak Anda merupakan sebuah sistem atau teknologi informasi berformat digital. Pandangan Anda memang benar, namun CRM sendiri memiliki spektrum yang lebih luas dari itu.

Merujuk wikipedia.com, CRM atau manajemen hubungan pelanggan merupakan sebuah sistem informasi terintegrasi yang digunakan untuk merencanakan, menjadwalkan dan mengendalikan aktivitas-aktivitas pra penjualan dan pasca penjualan dalam sebuah organisasi. Lebih lanjut CRM juga merupakan gabungan dari beberapa aspek, meliputi call center, sales & marketing, dukungan teknis dan layanan lapang.

Sinergi dan integrasi dari semua elemen tersebut sangat dibutuhkan agar tujuan utama dari CRM dapat tercapai. Adapun tujuan dari penggunaan CRM adalah peningkatan profitabilitas perusahaan dengan memahami lebih baik perilaku konsumen atau calon pelanggan.

Dewasa ini, sudah banyak sistem atau aplikasi CRM yang memudahkan perusahaan untuk melakukan pengolahan data pelanggan. CRM tersebut memiliki variasi fitur bergantung kepada kebutuhan dan harga yang ditawarkan.

Melalui artikel ini KAWN akan mencoba memberikan beberapa manfaat CRM di dunia bisnis. Pembahasan ini mungkin dapat menjadi solusi bagi Anda untuk meningkatkan efektivitas dan produktivitas bisnis yang sedang dijalankan.

Baca Juga: Manajemen hubungan pelanggan

CRM Mampu Memberikan Pemahaman yang Komprehensif Seputar Pelanggan

source : google image

Selama menjalankan bisnis, mungkin sudah banyak pelanggan yang menggunakan produk yang Anda jual. Namun, seringkali Anda belum memahami  betul perilaku konsumen Anda sendiri.

CRM mampu memberikan gambaran lengkap dan komprehensif mengenai karakter dan perilaku dari pelanggan maupun calon pelanggan. Penggunaan big data yang diolah secara baik, melalui tools CRM mampu menampilkan insights yang dapat dijadikan sebagai dasar dalam pembuatan strategi bisnis maupun promosi kepada pelanggan maupun calon pelanggan.

Baca Juga: 5 Manfaat Memahami Perilaku Konsumen Terhadap Perkembangan Bisnis

Membina Kedekatan Hubungan Dengan Pelanggan

source : google image

Manfaat lainnya yang ditawarkan oleh CRM adalah kemampuan dari sistem ini untuk membina kedekatan hubungan dengan pelanggan. Mengapa? Karena data pelanggan yang tersimpan di dalam sistem memuat banyak informasi seputar pelanggan, mulai dari tanggal lahir, tanggal bisnis didirikan dan tanggal masa berlangganan.

Salah satu luaran yang bisa diberikan adalah dengan memberikan ucapan ulang tahun bagi pelanggan maupun bisnis yang sedang dirintis oleh. Atau luaran lainnya adalah dengan mengetahui pelanggan yang sedang melakukan ekspansi bisnis, sehingga data tersebut dapat dijadikan sebagai rujukan dalam melakukan prospek atau canvassing oleh tim sales.

Efektivitas dan Efisiensi Kinerja

source : google image

Database pelanggan yang terolah dalam CRM akan terpusat pada satu sistem, sehingga memudahkan semua stakeholder untuk melakukan penginputan, pengawasan dan penggunaan data lebih lanjut. Kinerja pun akan efektif dari segi kualitas dan efisiensi dari segi waktu pengerjaan.

Follow Up Lebih Tepat dan Cepat

source : google image

Bagi Anda yang mempunyai sistem bisnis berlangganan akan sangat tertolong dengan kehadiran CRM. Apabila belum menggunakan CRM, pasti bisnis jenis ini akan kesulitan dari segi pendataan mengenai kapan masa berlangganan habis dan penentuan waktu yang tepat untuk melakukan follow up kepada pelanggan.

Melalui data yang terekam pada CRM, Anda dapat dengan mudah mengetahui kapan masa berlangganan habis dan menentukan waktu yang tepat bagi tim sales untuk melakukan follow up kembali. Kunci dari peningkatan pendapatan adalah dari seberapa peka Anda untuk melakukan follow up kepada pelanggan atau calon pelanggan.

Baca Juga: Database Pelanggan, Kenali Pentingnya untuk Bisnis Anda

Koordinasi Internal Lebih Komunikatif

source : google image

Pernahkah terjadi pada bisnis Anda koordinasi yang tidak mulus antara tim call center, sales, marketing atau teknis? Sebagai contoh, ada kasus dimana tim teknis salah melakukan kunjungan atau visit ke pelanggan karena adanya miss komunikasi dengan tim sales?

Jika iya, solusi dari masalah tersebut ada pada manfaat terakhir dari CRM. Sistem CRM mampu membuat koordinasi internal semakin komunikatif dan produktif, karena seperti yang dibahas pada poin 3, dengan sistem CRM yang transparan dan dapat diakses oleh semua stakeholder terkait, membuat semakin mudah untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab masing-masing tanpa kendala yang berarti.

Baca Juga: 5 Tools Komunikasi Bisnis yang Sering Digunakan saat Pandemi

KawanKAWN berikut tadi adalah pembahasan mengenai manajemen hubungan pelanggan serta manfaatnya pada bisnis. Semoga artikel ini dapat membantu dan memberikan Anda inspirasi baru dalam memajukan bisnis Anda.

Sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya dan sampai jumpa!