Cara Menjadi Pengusaha di Usia Muda

-

Masa muda merupakan waktu dimana seseorang dapat mengeksplor banyak hal salah satunya, yaitu menggeluti dunia bisnis. Mungkin sebagian dari Anda ingin menjadi pebisnis di umur yang masih muda dan sudah mencapai kesuksesan.

Salah satu majalah seperti Forbes setiap tahunnya menghimpun para pebisnis pria ataupun wanita meraih kesuksesan di umur kurang dari 30 tahun.

Tapi bagaimana cara mereka mendapatkannya? Mereka yang sukses di usia muda hampir memiliki metode yang sama untuk meraihnya.

Memiliki kesuksesan di usia muda bukanlah suatu hal yang mustahil bagi sebagian banyak orang, untuk mencapai kesuksesan tersebut dibutuhkan usaha yang lebih. Seperti halnya ingin menjadi pengusaha di usia muda, Anda perlu benar-benar konsisten terhadap kesuksesan yang ingin dicapai.

Tentu saja, ketika terjun ke dunia wirausaha dapat sedikit menakutkan, terutama apabila Anda mengingat bahwa berita dari 90% bisnis yang baru mulai dapat gagal. Namun, berita baiknya adalah tingkat kegagalan startup hampir tidak setinggi itu, terutama jika Anda menggunakan taktik yang tepat untuk memulai dengan kuat.

Berikut ini beberapa metode yang dapat Anda lakukan menjadi pengusaha untuk meningkatkan kemungkinan sukses pada usia muda.

Mencari Mentor

Ketika masih muda tentunya Anda kurang akan pengalaman bagaimana seluk beluk dunia wirausaha, untuk membantu memahami dunia wirausaha Anda butuh seorang yang berpengalaman atau sering disebut juga sebagai mentor untuk membimbing Anda.

Fungsi mentor disini akan memiliki peran yang sangat besar bagi diri Anda secara personal maupun secara bisnis, dia yang nantinya akan memberikan insight mengenai bisnis Anda dan bagaimana membantu membuat rencana bisnis Anda sesuai dengan harapan.

Baca juga : 3 Tips Memulai Usaha F&B dengan Modal Kecil

Mencari seorang mentor bisnis memang susah-susah gampang, tanpa sadar ternyata mentor yang selama ini Anda cari adalah orang terdekat. Anda juga perlu melihat potensi seseorang yang ada disekitar, mungkin kalau perlu apabila orang tua Anda seorang pebisnis, beliau dapat menjadi mentor Anda.

Karena mentor Anda nantinya akan siap-siap disita waktunya untuk Anda, selain melihat orang terdekat seperti keluarga, Anda juga bisa mencari mentor dari grup alumni, konferensi, atau teman yang dirasa menurut Anda memiliki kompetensi.

Berani mengambil resiko

Hal terpenting lainnya ketika memulai bisnis di usia muda adalah mengambil resiko, banyak model bisnis lain yang perlu Anda geluti, satu bisnis dirasa tidak memiliki profit, Anda bisa ganti model bisnis lain, coba semua jenis model bisnis yang sesuai dengan keinginan dan rencana bisnis Anda.

Merubah model bisnis memang tidak mudah untuk dilakukan, tapi mental yang terpenting dari seorang pengusaha sukses di usia muda, yaitu tidak berada di zona nyaman. Tetapi, ketika Anda mengambil resiko tersebut tentunya harus dengan perhitungan dan pertimbangan yang kuat.

Baca juga : Bisnis Kopi Bikin Untung Tiap Hari

Mengambil resiko erat kaitannya dengan kegagalan, tentu kegagalan merupakan bagian dari sebuah bisnis. Dengan takut gagal, berarti Anda jauh dari kesuksesan.

Hal yang terpenting lain dari mengambil resiko, yaitu usaha. Kita tidak pernah tahu hasil dari upaya Anda kecuali Anda benar-benar melakukannya. Seorang pebisnis Jeff Bezos mengatakan bahwa usaha dapat membantu mengetahui bahwa dia tidak akan menyesali kegagalan, tetapi dia akan menyesal tidak berusaha.

Memiliki tujuan

Saat membangun usaha memiliki tujuan sangatlah penting, tujuan ini yang nantinya akan menuntun usaha Anda dan seperti apa model bisnis Anda nantinya. Tujuan tersebut Anda bisa bagi berdasarkan 2 kategori dasar, tujuan jangka panjang dan tujuan jangka pendek.

Tujuan jangka pendek mungkin termasuk "Tingkatkan penjualan setiap minggu" atau "mendapatkan satu investor baru pada kuartal ini." Cobalah untuk menetapkan dan memenuhi setidaknya tiga tujuan jangka pendek setiap minggu dan bulan.

Baca juga : 4 Cara Memulai Bisnis F&B

Tujuan jangka pendek lebih baik dinyatakan sebagai sub-tujuan, karena pencapaiannya harus mengarah pada pencapaian tujuan jangka panjang. Keberhasilan jangka panjang terdiri dari pencapaian tujuan jangka pendek dan menengah secara konsisten.

Sementara tujuan jangka panjang dapat berbentuk misi atau pernyataan visi untuk usaha Anda. Misalnya, Anda memiliki bisnis kopi,  tujuan jangka panjang mungkin adalah "Pastikan semua orang yang tinggal di sekitar usaha Anda dapat menikmati kopi premium dengan murah”

Pastikan tujuan dari jangka pendek dan jangka panjang yang telah Anda buat itu realistis, jelas, dan dapat ditindaklanjuti.

Nah, beberapa hal di atas merupakan bentuk dari cara atau metode pengusaha muda lakukan agar bisa sukses. Apabila nama dan foto Anda tercatut di majalah Forbes tahun depan Anda bisa lakukan metode diatas.

Dalam sebuah usaha tentunya Anda perlu sebuah pendamping untuk mempermudah dan mempercepat pengelolaan usaha Anda, bukan? Mulai dari stok bahan makanan, rekap penjualan, dan insight bisnis kedepan sangat Anda butuhkan.

Baca juga : 5 Alasan Bisnis F&B Kamu Perlu Menggunakan Kasir Online

Kebutuhan tersebut saat ini sudah ada di aplikasi KAWN. KAWN merupakan kasir online dengan berbagai macam fitur yang mendukung bisnis Anda, saat ini KAWN telah melayani beberapa restoran untuk membantu menjalankan bisnis mereka, Anda bisa klik disini untuk mencoba aplikasi KAWN selama 30 hari, yuk daftar sekarang juga!