Cara Melakukan Mutasi Stok di Aplikasi Kasir Online KAWN

-

Bisnis F&B saat ini cukup berkembang pesat, tidak jarang apabila Anda melihat cabang bisnis tersebut di tempat yang berbeda-beda. Jarak yang cukup jauh akan kesulitan untuk mengetahui stok bahan baku yang tersedia.

Apabila ingin melihat stok bahan baku yang tersedia, seperti pada tutorial sebelumnya, menggunakan aplikasi kasir online KAWN dapat dengan mudah untuk untuk melihatnya.

Namun, apabila stok bahan baku yang di outlet cabang stoknya kurang atau kehabisan, di aplikasi kasir online KAWN dapat membantu Anda dengan cara menggunakan fitur mutasi stok.

Secara sederhana mutasi stok merupakan perpindahan stok bahan baku dari satu tempat penyimpan menuju tempat penyimpanan lain.

Misalnya mutasi stok bahan baku dari outlet A menuju outlet B maka secara otomatis stok yang di outlet A akan berkurang dan stok yang terdapat di outlet B akan bertambah.

Pada artikel tutorial ini Anda akan diajak untuk mengetahui bagaimana cara melakukan mutasi stok pada aplikasi kasir online KAWN.

Masuk ke Dashboard KAWN


Pada dashboard tersebut Anda dapat (1) klik Inventori untuk melakukan mutasi stok. Setelah Anda klik tombol tersebut Anda akan dihadapkan dengan beberapa pilihan menu. Namun, untuk langkah selanjutnya Anda perlu (2) klik Mutasi Stok.

Klik Mutasi Stok
Ketika Anda masuk ke Mutasi Stok, terdapat beberapa keterangan tentang mutasi stok yang pernah Anda buat, disini Anda dapat filter yang berfungsi untuk memudahkan Anda dalam mencari mutasi stok yang pernah Anda lakukan.


Klik Buat Mutasi Stok
Lalu Anda pilih (3) Buat Mutasi Stok. Pada tampilan tersebut, terdapat beberapa keterangan untuk melakukan mutasi stok. (3a) Anda perlu mengisi bagian tanggal mutasi yang sesuai dengan kebutuhan stok bahan baku outlet yang sedang kurang.

(3b) Pilih lokasi Stok Asal lokasi yang ingin dikurangi (3c) Pilih Stok Tujuan untuk  lokasi outlet yang ingin ditambah stok bahan bakunya.

Setelah bagian Mutasi Stok sudah diberikan keterangannya. Anda perlu mengisi bagian Detail mutasi stok.

(3d) Anda perlu memberikan keterangan untuk produk apa yang ingin Anda mutasi dan apabila lebih dari 1 produk, Anda perlu (3e) klik Tambah Produk yang nantinya secara otomatis muncul jumlah Stok Asal produk yang dipilih.

(3f) Tentukan Jumlah stok bahan baku yang ingin Anda mutasi, pastikan jumlah tersebut kurang dari jumlah Stok Asal produk Anda. Lalu klik (3g) bagian Unit untuk memastikan satuan stok bahan baku yang ingin Anda mutasi.

Setelah bagian Detail Mutasi Stok sudah diberikan keterangan dan dipastikan sesuai dengan keinginan, Anda perlu (3h) klik Buat.

Klik Terima
Setelah klik Buat, Anda sudah berhasil melakukan Mutasi Stok dan Anda mendapatkan Kode yang nantinya untuk memudahkan mencari informasi terkait mutasi stok yang pernah Anda lakukan.

Apabila Anda ingin mengubah jumlah stok bahan baku atau produk yang ingin dimutasi, Anda perlu (4a) klik Ubah atau ingin menghapus mutasi yang sudah Anda buat sebelumnya dengan (4b) klik Hapus.

Apabila mutasi stok yang Anda lakukan sudah sesuai dengan keinginan Anda (4c) klik Terima.

Setelah klik Terima Anda akan kembali ke menu tampilan pada Mutasi Stok dengan beberapa keterangan dan mutasi stok yang pernah Anda buat akan secara otomatis muncul dengan kode.

Apabila Anda ingin memastikan ulang mutasi stok yang pernah Anda lakukan Anda juga dapat melihatnya dengan cara klik kode yang tertera.

Seperti itulah cara untuk melakukan mutasi stok pada aplikasi kasir online KAWN. Tentunya, memiliki beberapa outlet akan jauh lebih mudah melakukan perpindahan stok dari outlet satu ke outlet lainnya.

Hal yang penting ketika Anda melakukan mutasi stok yaitu pastikan produk yang ingin Anda mutasi adalah produk yang masih lama memiliki tanggal kadaluarsa.

Dengan adanya aplikasi kasir online KAWN akan jauh lebih mudah dan cepat melakukan mutasi stok. Adanya fitur ini cocok sekali untuk pendukung bisnis F&B, cukup klik disini Anda bisa secara garis selama 30 hari untuk menikmati fitur lain dari KAWN.