Cara Efektif Tingkatkan Loyalitas Pelanggan

-

Persaingan bisnis yang saat ini begitu ketat membuat pelaku bisnis berlomba-lomba agar produk atau layanannya tetap diburu konsumen. Hal ini mendorong para pebisnis menjalankan berbagai cara jitu untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dalam bisnis yang mereka jalankan. Lantas, apa sih yang dimaksud dengan loyalitas pelanggan? Dan kenapa loyalitas pelanggan sangat penting dalam sebuah bisnis?

Baca juga : 5 Manfaat Memahami Perilaku Konsumen Terhadap Perkembangan Bisnis

Sederhananya loyalitas pelanggan bisa diartikan sebagai kesetiaan pelanggan, dimana pelanggan secara teratur akan melakukan pembelian terhadap produk atau layanan yang ditawarkan bisnis Anda. Loyalitas pelanggan menjadi sebuah faktor penting dalam dunia bisnis, karena pelanggan yang loyal tidak hanya menguntungkan secara finansial tetapi juga menjadi alat promosi word of mouth yang sangat efektif.

Baca juga : 5 Cara Melakukan Promosi Online untuk Bisnis F&B

Kita bisa ambil contoh sederhana, pelanggan yang loyal pada suatu restoran, akan selalu menyempatkan diri untuk berkunjung di tengah kesibukannya. Ini tentu berbeda dengan pelanggan yang tidak loyal, yang mana mereka tidak akan memaksakan diri untuk berkunjung ke restoran yang bukan favoritnya. Itulah mengapa para pebisnis harus memikirkan betapa pentingnya repeat order dari pelanggan dengan cara meningkatkan loyalitas pelanggan. Melihat betapa pentingnya loyalitas pelanggan dalam sebuah bisnis, berikut beberapa cara efektif yang bisa Anda terapkan.  

Tingkatkan Kualitas Produk dan Layanan kepada pelanggan

Perlu Anda ingat bahwa pelanggan yang akan membeli produk Anda adalah mereka yang percaya kepada apa yang Anda tawarkan. Maka dari itu, Anda harus menjaga kepercayaan ini dengan baik dengan cara menjaga dan terus meningkatkan kualitas produk yang Anda berikan. Sekali saja Anda melakukan kesalahan, sangat besar pula kemungkinan pelanggan Anda akan beralih ke produk kompetitor.

Baca juga : Ketahui Pentingnya Feedback Konsumen Terhadap Perkembangan Bisnis Online Shop Anda

Selain itu, pelayanan yang baik akan memberikan rasa aman dan nyaman kepada pelanggan. Pelayanan di sini terkait banyak hal, mulai dari ketika konsumen menanyakan informasi detail terkait suatu produk, cepat dalam memberikan layanan, menerima keluhan atau kritikan dan sebagainya. Kuncinya adalah layani dan dengar pelanggan Anda dengan baik dan sesuai dengan standar operasional prosedur yang sudah ditetapkan.

Baca juga : Mau Tingkatkan Kualitas Produk? Dengarkan Keluhan Konsumen

Setelah kualitas produk dan layanan Anda dirasa sangat baik, hal yang perlu dilakukan berikutnya adalah selalu konsisten dengan pelayanan terbaik yang Anda berikan kepada pelanggan. Dengan begitu, dijamin pelanggan Anda akan tetap merasa nyaman dan puas terhadap layanan yang Anda berikan. Tentu saja hal ini bertujuan agar pelanggan Anda tetap loyal terhadap bisnis Anda.

Buat Loyalty Program

Loyalty program merupakan program membership yang menawarkan berbagai reward yang menguntungkan untuk pelanggan Anda. Pada umumnya, program ini berlangsung dalam periode yang cukup panjang dalam 3 langkah.

A. Memberikan member card kepada pelanggannya.

Penggunaan member card merupakan salah satu strategi yang cukup efektif untuk mengikat pelanggan Anda. Pelanggan yang memiliki member card biasanya akan mendapatkan privilege tertentu, seperti mendapatkan pelayanan khusus, potongan harga dan akan mendapatkan reward yang lebih menarik daripada konsumen yang tidak memiliki member card.

Baca juga : Mendorong Motivasi Konsumen Dengan Privilege Card

Namun perlu diperhatikan juga, dalam penerapannya memberikan member card ada 2 cara, yaitu member card berupa fisik dan digital. Untuk itu, pilih member card yang sesuai dengan jenis bisnis Anda.

B. Gunakan point reward

Point reward merupakan strategi yang cukup ampuh untuk terus mendorong pelanggan Anda membeli produk Anda berulang kali. Sederhananya, cara ini mengakumulasikan jumlah pembelian pelanggan yang dihitung dengan sistem poin.

Baca juga : Empat Cara Agar Loyalty Program Diminati Pelanggan

Sebagai contoh, jika pelanggan Anda melakukan transaksi sebesar Rp 100.000, maka mereka akan mendapatkan 100 poin dan kelipatannya. Semakin banyak pelanggan melakukan pembelian, maka poin mereka akan semakin banyak dan poin ini biasanya dapat mereka tukarkan dengan produk atau hadiah tertentu. Yang tentu saja akan meningkatkan penjualan produk Anda di kemudian hari.

C. Beri Reward untuk Pelanggan pada poin tertentu

Disaat pelanggan Anda sudah mencapai poin yang sudah ditentukan, pelanggan Anda layak untuk menukarkan poin tersebut dengan berbagai macam hadiah. Hadiah yang diberikan bisa berikan hadiah berupa merchandise, produk gratis atau Anda bisa berikan voucher belanja.

Tawarkan voucher belanja kepada pelanggan Anda dengan syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi, misalnya pembelian produk atau pembelian dengan nominal tertentu. Dengan begitu, pelanggan Anda akan merasa tertarik untuk membeli produk Anda lagi, karena selain kebutuhannya dapat terpenuhi, mereka juga mendapatkan keuntungan lain dengan adanya voucher tersebut.

Jika dirasa Anda ingin menerapkan Loyalty Program, Anda bisa memanfaatkan aplikasi kasir online KAWN. Dimana aplikasi kasir online KAWN memiliki fitur pelengkap, yaitu fitur manajemen loyalti.

Manajemen loyalti sendiri merupakan fitur integrasi pada aplikasi kasir online KAWN yang berfungsi untuk meningkatkan retensi pelanggan. Melalui fitur manajemen loyalti para Anda dapat membuat dan memiliki program loyalti mereka sendiri sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Program loyalti dapat berupa pemberian poin kepada setiap pelanggan yang sudah selesai melakukan transaksi belanja dan dapat menukarkan poin tersebut dengan rewards, seperti gratis pesan menu makanan, gratis minuman, cashback dan lain sebagainya. Untuk itu, Anda dapat klik disini untuk tahu lebih dalam tentang fitur manajemen loyalti yang ada pada aplikasi kasir online KAWN.  

Optimalkan Performa Karyawan dan Perlakukan Pelanggan Anda dengan Sebaik-baiknya

Guna memberikan kualitas layanan terbaik pada bisnis Anda, tentunya kinerja para karyawan Anda juga harus maksimal. Karena karyawan menjadi salah satu faktor penentu dalam kualitas layanan yang diberikan kepada pelanggan Anda. Apapun jenis bisnisnya, kinerja karyawan bisa menjadi penentu utama kepuasan pelanggan.

Baca juga : 5 Tips Menjaga Kinerja Pramusaji Agar Tetap Maksimal

Mungkin hal yang perlu dilakukan adalah dengan memberikan pelatihan kepada seluruh karyawan. Berikan para karyawan pelatihan kerja sesuai bidang masing-masing untuk meningkatkan performa dan layanan kepada pelanggan Anda. Tak hanya itu, ajarkan juga karyawan Anda tentang keterampilan hospitality yang baik saat menghadapi pelanggan. Selain kualitas produk, keramah-tamahan karyawan juga bisa membuat para pelanggan merasa puas dengan layanan yang diberikan.

Selain itu, cara berikutnya dalam menjaga kepuasan dan loyalitas kepada pelanggan adalah dengan menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Perlakukan pelanggan Anda bukan hanya sebagai pelanggan setia, melainkan perlakukan mereka sebagai orang terdekat seperti kerabat atau keluarga.

Beragam cara bisa Anda lakukan agar pelanggan Anda merasa dekat dengan bisnis Anda. Misalnya ucapkan terimakasih kepada setiap pelanggan melalui email marketing, pesan instan, media sosial atau bahkan dengan tatap muka langsung. Selain itu, Anda bisa berikan ucapan selamat yang lebih personal kepada pelanggan Anda seperti ucapan selamat ulang tahun, selamat hari raya dan sebagainya. Hal ini dilakukan agar mereka merasa diperlakukan dan diberi perhatian khusus yang berujung pada sikap loyal mereka kepada bisnis Anda.

Baca juga : Apa itu Email Marketing dan Manfaatnya Bagi Bisnis F&B

Memberikan Promo atau Diskon

Cara terakhir yang bisa dibilang sangat ampuh dalam meningkatkan loyalitas pelanggan adalah dengan memberikan berbagai macam promo atau diskon. Promo yang dimaksud adalah diskon dengan metode pembelian langsung, seperti potongan harga, buy 1 get 1 free atau diskon berdasarkan metode pembelian. Tentu saja, program promo yang menarik akan membuat pelanggan semakin senang dan loyal terhadap bisnis Anda.

Baca juga : Terapkan 5 Jenis Diskon ini, Dijamin Konsumen Bakal Happy


Itulah beberapa cara yang cukup efektif yang mungkin bisa Anda terapkan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap bisnis Anda. Dari 4 poin yang sudah KAWN jelaskan, mungkin ada beberapa masukan dari Anda? Kalau Anda memiliki pandangan lain, silahkan tulis di kolom komentar ya!