Brand Ambassador, Kenali Pentingnya Terhadap Sebuah Bisnis

-

Brand ambassador menjadi begitu penting peranannya terhadap sebuah merek dagang bisnis. Terlebih, seiring semakin berkembangnya pengguna media sosial, kebutuhan akan brand ambassador pun semakin meningkat. Tak ayal, banyak perusahaan atau brand yang berlomba-lomba untuk menggunakan jasa brand ambassador yang memiliki reputasi baik dan sesuai dengan karakteristik sebuah brand.

Baca juga: Pentingnya Influencer Dalam Perkembangan Bisnis Online Shop

Lantas, apa sih definisi dari brand ambassador? Dan apa saja manfaat yang bisa diambil dengan menggunakan jasa mereka? Melansir dari beberapa sumber, berikut ini KAWN akan ulas secara mendalam serba-serbi seputar brand ambassador.

Apa Itu Brand Ambassador?

source : google image

Sebelum mengulas lebih dalam serba-serbi brand ambassador, sepatutnya Anda mengetahui terlebih dahulu definisi dari brand ambassador. Melansir everyonesocial.com, brand ambassador merupakan seseorang yang telah menjalin kerjasama dengan sebuah brand untuk mempromosikan produk atau brand ke khalayak umum dengan tujuan untuk mempromosikan merek dan menaikkan penjualan. Bisa dikatakan, brand ambassador merupakan citra atau wajah dari sebuah brand.

Baca juga: Ingin Diingat Terus Oleh Konsumen? Buat Logo Bisnis Anda Lebih Menarik dengan Tips ini!

Umumnya, brand ambassador adalah orang yang cukup dikenal dan memiliki banyak pengikut, seperti olahragawan terkenal, musisi, artis serta public figure. Akan tetapi, karena brand ambassador merupakan citra atau wajah sebuah brand, Anda sebagai pemilik bisnis perlu pintar-pintar dalam memilih brand ambassador. Namun yang paling utama, carilah brand ambassador yang sesuai dengan karakteristik produk dan memiliki reputasi baik.  

Mengapa Bisnis Anda Membutuhkan Brand Ambassador?

source : google image

Karena begitu pesatnya persaingan dalam dunia bisnis, untuk itu banyak perusahaan mencari sebuah terobosan untuk menaikan value serta citra baik brand-nya di masyarakat. Sehingga, perusahaan perlu menjalin kerjasama dengan seseorang yang bisa merepresentasikan bidang tersebut.

Baca juga: Pentingnya Membangun Citra Produk

Brand ambassador memiliki peran yang cukup vital, yakni mampu untuk merepresentasikan perusahaan dengan citra dan value positif di masyarakat. Dengan demikian tingkat kesadaran masyarakat akan sebuah brand akan meningkat. Ketika kesadaran masyarakat kian meningkat, bukan tidak mungkin penjualan akan suatu produk juga akan meningkat.  

Manfaat Brand Ambassador Terhadap Sebuah Brand

source : google image

Tentunya ada manfaat baik dibalik terpilihnya seseorang menjadi brand ambassador, seperti yang KAWN lansir dari glints.com, berikut ulasannya:

1. Meningkatkan dan Menjaga Citra Baik Sebuah Brand

Seperti dibahas sebelumnya, bahwa brand ambassador merupakan citra atau wajah dari sebuah brand. Untuk itu, seorang brand ambassador wajib mampu untuk menaikkan citra positif dari sebuah brand.

Baca juga: 4 Cara Membangun Brand Image Bisnis Agar Lebih Dikenal Publik

Namun, citra sebuah brand tidak selalu naik, ada masanya brand tersebut dinilai buruk oleh masyarakat. Disinilah tugas brand ambassador untuk mengembalikan kembali reputasi brand yang sempat turun.

2. Engage Terhadap Banyak Audience

Bukan perkara mudah membangun kedekatan antara bisnis Anda dengan audience. Sehingga, disinilah peran brand ambassador sangat dibutuhkan. Bermodalkan pengikut yang banyak, mereka bisa menjadi penghubung antara brand dengan audience.

Baca juga: 9 Tips Meningkatkan Engagement Audiens di Instagram

3. Memberikan Review Baik

Biasanya, saat brand menjalin kerjasama dengan seorang brand ambassador ada beberapa perjanjian yang wajib dipatuhi kedua belah pihak. Namun ada satu poin penting yang menjadi kewajiban dari seorang brand ambassador, yakni selalu senantiasa memberikan review baik dan jujur terhadap brand atau sebuah produk.

Baca juga: Ketahui Pentingnya Feedback Pelanggan Terhadap Perkembangan Bisnis Online Shop Anda

Dengan begitu, keingintahuan masyarakat akan sebuah produk akan semakin meningkat. Bukan tidak mungkin, terjadi penjualan yang dilakukan oleh masyarakat setelah mereka melihat review dari sang brand ambassador.  

Tips Memilih Brand Ambassador

source : google image

Anda sebagai pemilik bisnis perlu pintar-pintar dalam memilih brand ambassador. Karena, kalau salah memilih, bukan tidak mungkin akan berefek buruk juga terhadap brand Anda. Untuk itu, melansir teamwork.id berikut tips yang bisa Anda jalankan saat memilih brand ambassador.

1. Segmentasi

Hal ini menjadi sangat penting untuk Anda perhatikan. Sesuaikan brand ambassador dengan segmentasi produk atau brand Anda. Contoh sederhananya, jika Anda menjual produk olahraga, Anda bisa menjalin kerjasama dengan olahragawan atau seorang sport enthusiast.

2. Citra Diri Positif

Tidak mau kan produk Anda di cap negatif di masyarakat. Untuk itu, carilah brand ambassador yang memiliki citra diri yang positif. Caranya? Mudah saja, Anda bisa mencari tahu soal kepribadian brand ambassador tersebut melalui media sosial atau pemberitaan.  

3. Role Model

Biasanya, public figure sering menjadi role model yang sangat berpengaruh di masyarakat. Misal dengan cara berpakaian, apa yang ia konsumsi dan pendidikan yang telah ia ambil. Dengan besarnya pengaruh public figure dalam benak masyarakat, besar pula kemungkinan produk anda akan tertanam dalam benak masyarakat.

4. Personality

Terakhir, sesuaikan kepribadian calon brand ambassador  dengan karakteristik brand Anda. Misalkan, produk Anda adalah produk kecantikan, alangkah baiknya jika Anda memilih brand ambassador yang cantik pula, feminim, ramah dan aktif.

Baca juga: Agar Tidak Salah Pilih, Ketahui Jenis-Jenis Influencer yang Cocok untuk Bisnis Anda

Demikian penjelasan mengenai apa itu brand ambassador. Jika Anda memiliki pandangan lainnya mengenai brand ambassador, silahkan tuliskan di kolom komentar ya! Terima kasih!