Bisnis Pasca Lebaran yang Menguntungkan

-

Bisnis atau menjalankan sebuah usaha bisa menjadi salah satu cara seseorang untuk menghasilkan pundi-pundi rupiahnya. Bahkan, tak sedikit pula yang memilih untuk berbisnis daripada menjadi karyawan pada sebuah perusahaan.

Namun tentunya, diperlukan beberapa strategi jitu agar sebuah bisnis bisa berkembang dan menguntungkan sesuai dengan yang diharapkan. Karena perlu Anda ketahui, begitu banyak tantangan yang akan dihadapi selama  perjalanan Anda dalam berbisnis.

Baca juga: 5 Tantangan di Dunia Usaha yang Wajib Anda Tahu

Begitu banyak ide bisnis yang bisa dijalankan saat ini. Terlebih, banyak momen-momen hari besar yang tentunya bisa dimanfaatkan untuk menjalankan sebuah bisnis, Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran salah satunya.

Baca juga: Rental Mobil Jelang Lebaran Laris Manis? Berikut Tipsnya!

Pola hidup konsumtif masyarakat Indonesia saat Lebaran membuat banyak orang tertarik menjalankan bisnis. Dikutip KAWN, setidaknya ada 4 bisnis menguntungkan yang bisa dijalankan menjelang momen Lebaran, mulai dari kue kering, amplop Lebaran, menjual pakaian hingga bisnis parsel.

Baca juga: Kue Kering yang Banyak Dijumpai Saat Lebaran

Lantas, bagaimana dengan momen setelah Lebaran? Apakah terdapat bisnis yang menarik dan tentunya menguntungkan untuk dijalankan? Dari pada menerka-nerka! Yuk kita simak ulasan berikut. Dilansir dari beberapa sumber, berikut daftarnya.

Bisnis Mainan Anak Laris Manis Pasca Lebaran

source : time

Mainan anak menjadi salah satu bisnis yang paling laris setelah melewati momen Lebaran. Seakan sudah menjadi agenda rutin jika banyak anak-anak akan memburu banyak mainan pasca Lebaran.

Tentunya, hal ini tidak lepas dari tradisi Lebaran, dimana seseorang yang lebih tua memberi uang atau angpao kepada anak-anak. Biasanya, uang tersebut sering dimanfaatkan anak-anak untuk membeli makanan yang disukai dan tentu saja mainan yang sudah diidam-idamkannya.

Tipsnya, Anda bisa mencari tahu, mainan apa yang sedang hits saat itu. Siapkan stok dalam jumlah banyak, dan sediakan mainan yang begitu beragam.

Baca juga: Toko Mainan Anak-Anak yang Semakin Memikat!

Laundry Pakaian

source : canva

Lelah setelah berlebaran, membuat banyak orang enggan atau bahkan malas untuk mencuci pakaiannya sendiri. Kalau sudah begini, jasa laundry lah yang menjadi jalan ninjanya.

Hal ini sejurus dengan yang dituliskan tempo.co, dimana banyak jasa laundry di Kota Bandung mengalami kenaikan jumlah konsumen hingga 30% dibanding hari biasa. Oleh karena itulah, banyak pebisnis laundry yang kebanjiran orderan hingga beberapa hari kedepannya.

Makanan Sehat

source : canva

Peluang usaha berikutnya yang mampu mendatangkan keuntungan saat Lebaran usai adalah bisnis makanan sehat. Seperti kita ketahui, banyak sekali makanan lezat berlemak yang tentunya tidak baik untuk kesehatan.

Baca juga: Makanan Biasa Terasa Spesial Di Hari Raya. Mengapa?

Sadar akan tidak pentingnya pola hidup sehat. Membuat banyak orang yang memburu makanan sehat untuk hari-hari berikutnya. Kondisi inilah yang membuat banyak pelaku usaha makanan sehat kerap kebanjiran orderan.

Kuncinya, buat dan siapkan makanan sehat yang beragam dan tentunya berbeda setiap harinya. Kemudian, lakukan promo yang menarik sesering mungkin pada akun media sosial Anda. Jangan lupa cantumkan nilai gizi yang terkandung pada makanan yang Anda buat ya!

Bisnis pada Bidang Otomotif

source : mjcarwash

Bisa dibilang, otomotif merupakan bidang bisnis yang tak lekang oleh waktu. Terlebih pada momen Lebaran, dimana banyak orang membutuhkan persewaan mobil untuk memudahkan aktivitasnya, seperti saat mudik, silaturahmi kerumah saudara maupun saat berlibur ketempat wisata.

Akan tetapi, bisnis pada bidang otomotif laku keras pada momen setelah juga lho! Beberapa bisnis bidang otomotif yang bisa dijalani, mulai dari sewa kendaraan, bengkel hingga cuci kendaraan.

Kita ambil contoh pada bisnis cuci kendaraan. Sama halnya seperti bisnis laundry, bisnis cuci kendaraan juga kerap diburu konsumen yang enggan atau malas mencuci kendaraannya sendiri. Kondisi inilah, yang membuat banyak orang menyerahkan urusan kebersihan kendaraannya kepada usaha cuci kendaraan.

Baca juga: Musim Hujan Membawa Berkah! Yuk, Siapkan 5 Peluang Usaha Ini

Wedding Organizer

source : canva

Dikutip inews, ada 5 bulan dalam penanggalan kalender Islam yang sangat baik untuk melangsungkan pernikahan, salah satunya adalah Bulan Syawal. Seraya mengikuti anjuran agama, banyak masyarakat muslim Indonesia yang melangsungkan pernikahan pada bulan tersebut.

Biasanya, pernikahan banyak berlangsung hingga 2 bulan kedepan terhitung dari momen Lebaran. Disinilah para pelaku usaha wedding organizer bisa meraup keuntungan.

Namun tentunya, membangun bisnis wedding organizer tidak semudah membalikan telapak tangan. Banyak yang perlu Anda siapkan, mulai dari knowledge tentang adat pernikahan, tim yang mumpuni, data venue acara hingga memiliki banyak relasi vendor, seperti dekorasi, katering dan juga souvenir.

Baca juga: Peran Penting Wedding Organizer Dalam Pernikahan

Nah, baru saja kita ulas beberapa bisnis pasca Lebaran yang menguntungkan. Menarik bukan?

Mumpung masih dalam suasana Lebaran, kira-kira bisnis mana yang menarik untuk Anda jajal? Yuk diskusikan di kolom komentar.