Bisnis kuliner atau menjual berbagai macam makanan dan minuman menjadi salah satu bisnis yang banyak dijalankan hingga saat ini. Bagaimana tidak, banyak orang yang meyakini cukup mudah menjalankan bisnis dan mendapatkan keuntungan dengan menjual kuliner. Hal ini juga bisa dibuktikan dengan menjamurnya penjaja kuliner di setiap sudut kota.
Selain itu, bisnis kuliner juga dinilai sangat fleksibel. Artinya, bisnis ini bisa dimulai dengan modal, tenaga kerja dan juga jumlah produksi yang terbilang minim. Menariknya, hanya mengandalkan 1 bahan makanan saja bisa menghasilkan begitu banyak bisnis kuliner yang bisa dijalani. Ayam misalnya, Anda bisa menjalankan bisnis kuliner mulai dari bisnis ayam goreng krispi, pecel ayam, ayam beku hingga ayam bakar.
Baca juga: Ayam Bakar Mas Mono: Ada Cerita Menarik Dibalik Suksesnya Bisnis Kuliner yang Satu Ini!
Lain ayam, lain pula dengan nasi. Bisa dibilang, nasi merupakan bahan makanan yang bisa dikreasikan menjadi berbagai macam bisnis lho! Selain itu, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Licorice: Southeast Asian Market Insights, sebesar 88,4 persen masyarakat Indonesia lebih menyukai nasi dibanding makanan lainnya. Sedangkan hanya 6,8 persen masyarakat Indonesia yang menyukai mie dan 4,8 persen makanan lainnya.
Bagaimana, mau tahu apa saja, yuk simak baik-baik artikel berikut. Disadur dari beberapa sumber, berikut ulasannya.
Bisnis Sejuta Umat Berbahan Dasar Nasi: Nasi Goreng
Bertengger di urutan pertama, ada bisnis nasi goreng yang menarik untuk dijalani. Bagaimana tidak, selain mudah diolah nasi goreng menjadi salah satu makanan sejuta umat. Siapapun, usia berapapun, dan dari daerah manapun suka dengan makanan yang satu ini. Tidak heran jika penjual nasi goreng selalu hadir di belahan Indonesia manapun.
Karena fakta itulah, memungkinkan Anda mendapatkan cuan yang tidak sedikit dari bisnis ini. Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat merintis bisnis nasi goreng.
Selain kualitas rasa yang utama, Anda juga harus memilih lokasi usaha yang sangat strategis. Dengan begitu, tempat usaha Anda dapat dijangkau dengan mudah oleh banyak pembeli.
Baca juga: Dijamin Laris, Begini Cara Memulai Usaha Nasi Goreng
Terima Pesanan Nasi Tumpeng
Ide bisnis kuliner berbahan nasi berikutnya adalah menjual nasi tumpeng. Akan tetapi, bisnis ini biasanya hanya bisa dijalankan berdasarkan pesanan.
Biasanya, nasi tumpeng akan laris manis dan pelaku bisnisnya akan kebanjiran orderan saat momen-momen hari besar, seperti hari kemerdekaan, tahun baru maupun momen perayaan penting lainnya. Kuncinya, lakukan strategi pemasaran yang tepat untuk bisnis ini, salah satunya dengan memanfaatkan media sosial.
Baca juga: Nasi Tumpeng Identik dengan Perayaan Penting? Yuk Kenali Faktanya!
Nasi Liwet, Peluang Bisnis Kuliner Menyasar Komunitas
Bisnis kuliner berbahan dasar nasi yang satu ini bisa menyasar berbagai komunitas lho! Pasalnya, biasanya nasi liwet menjadi hidangan utama saat komunitas tersebut melakukan perayaan-perayaan penting, seperti ulang tahun maupun arisan. Rasanya yang lezat dan gurih serta penyajiannya yang unik, lauk-pauk yang lengkap serta menu yang melimpah menjadi alasan utama banyak komunitas menjatuhkan pilihannya kepada nasi liwet.
Hampir sama dengan bisnis nasi tumpeng, nasi liwet biasanya dijalani berdasarkan pesanan. Dan salah satu media yang bisa digunakan untuk memasarkan bisnis nasi liwet adalah media sosial.
Bukan hanya media sosial, Anda juga bisa menjalankan strategi word of mouth untuk bisnis ini. Untuk itu, tingkatkan terus kualitas dan layanan bisnis Anda, niscaya pelanggan-pelanggan Anda tidak segan untuk mempromosikannya kepada orang lain.
Baca juga: Word of Mouth: Strategi Ampuh Tingkatkan Penjualan, Yuk Kenali Lebih Dalam!
KawanKAWN, demikianlah pembahasan tentang peluang bisnis kuliner berbahan dasar nasi. Dari ketiga bisnis yang sudah KAWN ulas, kira-kira mana yang tertarik untuk Anda jalankan? Bubuhkan jawaban di kolom komentar ya, kami tunggu!