Bisnis Frozen Food, Nikmati Cuan Melimpah Saat Pandemi Covid-19

-

Bisnis frozen food memang tak mengharuskan sang pelaku bisnis untuk memproduksi sendiri produk yang dijualnya. Oleh karena itu, banyak orang yang tertarik untuk menjalan bisnis frozen food rumahan secara online, terlebih di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Baca juga: 5 Peluang Bisnis Saat Pandemi COVID-19

Hal ini sejurus dengan penuturan dari metrotvnews.com, yang menyatakan bahwa permintaan terhadap frozen food meningkat hingga 50 persen selama pandemi Covid-19. Peningkatan tersebut disebabkan karena masyarakat masih ragu untuk membeli makanan jadi dari luar dan memilih frozen food sebagai persediaan makanan di rumah.

Frozen food sendiri merupakan bahan makanan yang dibekukan guna pengawetan agar dapat disimpan lebih lama sebelum makanan tersebut dihidangkan. Selain itu, frozen food juga cukup praktis dalam penyajiannya, tak ayal, banyak orang yang gemar mengonsumsi frozen food.

Peluang Bisnis Frozen Food

Tingginya permintaan konsumen terhadap frozen food jelas membuat peluang bisnis ini sangat menjanjikan. Terlebih, bisnis ini pun bisa dilakukan di rumah dengan bermodalkan freezer dan dijual secara online.

Baca juga: 3 Usaha Rumahan yang Tidak di Lekang Jaman

Saat ini, jenis frozen food yang beredar dipasaran juga semakin beragam. Bukan hanya frozen food hasil produksi industri besar dengan brand-brand ternama saja, frozen food hasil industri rumahan pun juga tidak kalah beragamnya, mulai dari nugget, sosis, bakso hingga olahan ayam.

Baca juga: 5 Olahan Ayam dari Berbagai Daerah Di Indonesia, Buat Nafsu Makan Anda Memuncak!

Bisnis frozen food memang menarik dan berpotensi menghasilkan cuan yang melimpah. Lantas, tips jitu apa saja yang bisa diterapkan untuk memulainya? Melansir erakini.com, berikut ulasannya.

Siapkan Peralatan Bisnis Frozen Food

source : google image

Sama seperti bisnis lainnya, bahwasanya bisnis frozen food juga memerlukan peralatan untuk menunjang kelangsungan bisnisnya. Namun, pastikan modal Anda mencukupi untuk membeli semua peralatan yang Anda butuhkan.

Jika dirasa Anda memiliki modal yang minim, fokuskan anggarannya untuk membelanjakan peralatan-peralatan utama terlebih dahulu seperti mesin pendingin untuk menyimpan stok frozen food. Pada kasus ini juga, Anda disarankan untuk menjalankan bisa frozen food dengan sistem reseller.

Baca juga: Definisi dan Perbedaan Bisnis Dropshipper dan Reseller

Akan tetapi, jika Anda memiliki modal yang cukup banyak. Anda bisa berinvestasi pada banyak peralatan, seperti mesin pendingin dengan kualitas baik, timbangan, kemasan serta vacuum sealer.

Tentukan Jenis Produk Frozen Food

source : google image

Langkah pertama saat Anda membangun bisnis frozen food adalah dengan menentukan jenis produk frozen food apa yang akan Anda jual. Karena, perlu diketahui, bahwa jenis dari frozen food sangatlah banyak,  mulai dari produk olahan daging sapi, kentang beku, nugget, sosis atau bakso.

Baca juga: Aneka Frozen Food ini Paling Digemari Masyarakat Indonesia

Dengan begitu, Anda bisa menentukan langkah-langkah penting apa saja yang bisa Anda jalankan kedepannya, seperti mencari pemasok atau membuat kemasan. Selain itu, penting juga Anda putuskan, apakah Anda akan memproduksi frozen food sendiri atau menjual produk milik orang lain. Untuk itu, buatlah rencana selanjutnya secara lebih terperinci.

Cari Pemasok Berkualitas

source : google image

Selanjutnya yang harus Anda persiapkan dalam menjalankan bisnis frozen food adalah mencari pemasok produk yang berkualitas. Dalam mencari pemasok bahan baku pun terbilang susah-susah gampang, bukan hanya mencari frozen food dengan kualitas baik, namun juga perlu diperhatikan dari segi harganya. Karena hal ini juga yang akan menentukan keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Jalankan Strategi Pemasaran

source : google image

Disaat Anda sudah menentukan produk yang dijual, menyiapkan peralatan serta memiliki pemasok berkualitas, selanjutnya yang paling penting adalah mencari pelanggan. Memang, dibutuhkan keterampilan pemasaran yang cukup mumpuni saat Anda memutuskan untuk menjalankan bisnis dari rumah.

Baca juga: 5 Cara Melakukan Promosi Online untuk Bisnis F&B

Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan peran teknologi, yakni dengan menjalankan program digital marketing, seperti social media marketing, email marketing atau website. Dengan begitu, Anda dapat menjangkau konsumen lebih luas.

Baca juga: 7 Trik Memanfaatkan Media Sosial untuk Tingkatkan Penjualan

Selain itu, Anda juga bisa menjalankan promosi yang lebih sederhana namun dinilai cukup efektif dan efisien, yakni dengan melakukan promosi dari mulut ke mulut ataupun menggunakan media brosur. Cara ini cukup efektif untuk menjangkau pelanggan yang jaraknya tidak jauh dari tempat usaha Anda.

Gunakan Jasa Pengiriman Instan

source : google image

Bagi pelanggan yang lokasinya dekat dan bisa dijangkau dengan tempat usaha Anda bukanlah suatu masalah. Akan tetapi, jika menerima pesanan dari pelanggan yang lokasinya jauh dari tempat usaha Anda merupakan tantangan tersendiri.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena saat ini sudah banyak penyedia jasa pengiriman instan. Anda hanya perlu memikirkan bagaimana melakukan pengemasan agar frozen food tetap terjaga dengan baik saat diterima pelanggan Anda.

Baca juga: Jalani Bisnis Frozen Food? Simak Tips Mengirim Makanan Beku Berikut!

Memang, menjalankan bisnis frozen food rumahan terlihat cukup sederhana, namun tetap saja dibutuhkan konsistensi yang tinggi saat menjalankannya. Sekali saja Anda merasa bosan melakukan promosi, bukan tidak mungkin akan terjadinya penurunan penjualan pada bisnis Anda.

Diatas ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat membangun bisnis frozen food rumahan. Akan tetapi, jika Anda pernah sukses menjalankan bisnis tersebut, boleh share pengalamannya di kolom komentar ya! Ditunggu!