Big data merupakan sebuah istilah baru yang mungkin baru terdengar di kurun waktu 2011 silam. Pengenalan istilah ini banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar sebagai salah satu keunggulan metode pengembangan produk yang mereka adopsi.
Namun, apa sebenarnya big data itu sendiri? Melansir dari sekawanmedia.co.id big data merupakan kumpulan proses yang terdiri dari volume data dalam jumlah besar yang terstruktur maupun tidak terstruktur dan digunakan untuk membantu kegiatan bisnis. Secara sederhana big data dapat digambarkan sebagai database dalam volume besar dan membutuhkan proses pengolahan lebih lanjut agar siap pakai.
Baca Juga: Pengenalan Big Data: Pengertian Fungsi, Manfaat, dan Tools
Definisi dari big data dibagi menjadi 3 bagian, yakni:
1. Volume
Sifat dan karakteristik utama dari big data adalah ukuran data yang cukup besar dan membutuhkan proses pengolahan lebih lanjut. Adapun saat ini banyak piranti lunak atau perusahaan-perusahaan digital yang menawarkan jasa untuk melakukan pengolahan big data menjadi lebih sederhana dan siap pakai.
2. Velocity
Velocity menyangkut proses pengiriman data yang cepat, efektif dan stabil. Tentunya hal ini sangat membantu perusahaan pengembang aplikasi untuk menyediakan dan membuat aplikasi yang nyaman digunakan oleh pelanggan.
3. Variety
Big data merupakan kumpulan data yang cukup beragam atau bervariasi. Karena mungkin berpengaruh terhadap proses pengumpulan data yang diperoleh secara global dan langsung.
Lalu, apa saja kegunaan dan manfaat dari penggunaan big data terhadap dunia bisnis? Melansir dari www.sekawan.co.id berikut adalah beberapa manfaat dan kegunaan dari big data secara umum maupun pada dunia bisnis.
Big Data Dapat Menganalisa Suatu Masalah dan Pengambilan Keputusan yang Efektif dan Efisien

Perusahaan yang menggunakan pendekatan big data dalam setiap proses pengambilan keputusan, tentunya akan memiliki kualitas solusi yang lebih akurat, terkini dan aman. Mengapa? Karena karakteristik dari big data berupa velocity dan variety membuat data-data tersebut memiliki tingkat kredibilitas yang tinggi dan tentu lebih terkini karena dapat diproses dan ditransfer lebih cepat kepada para pemangku kepentingan.
Sebagai contoh adalah, sebuah perusahaan aplikasi penyedia jasa transportasi online dapat dengan mudah menentukan wilayah mana saja yang mempunyai tingkat permintaan yang tinggi dengan mengandalkan analisa big data, semisal akuisisi pengguna berdasarkan pemetaan tertentu. Dengan begitu, perusahaan dapat mengambil keputusan yang tepat mengenai alokasi armada dan SDM pada wilayah tersebut dan juga tarif yang diberlakukan.
Baca Juga: Mengenal Fungsi dan Manfaat Teknologi Point of Sale
Kecepatan Mendeteksi Anomali atau Perilaku Menyimpang dari Sistem

Fungsi lainnya yang ditawarkan oleh big data adalah kemampuannya untuk mendeteksi dengan lebih mudah dan cepat sebuah anomali atau ketidaknormalan yang terjadi pada sistem Anda. Penggunaan big data yang dikombinasikan dengan tools tertentu dapat menghentikan dengan segera sebuah kesalahan atau ketidaknormalan sebuah sistem. Selain itu, big data pun dapat memberikan beberapa opsi solusi yang lebih cepat dan efektif yang tentunya dapat berpengaruh terhadap kinerja dari sebuah bisnis.
Baca Juga: 5 Manfaat Memahami Perilaku Konsumen Terhadap Perkembangan Bisnis
Efisiensi Biaya, Waktu dan Sumberdaya

Penyimpanan dengan menggunakan pendekatan big data dapat mengurangi biaya operasional sebuah perusahaan. Proses operasional pun akan jauh lebih cepat dan murah ketimbang menggunakan sistem database lainnya.
Baca Juga: Database Pelanggan, Kenali Pentingnya untuk Bisnis Anda
Setelah membahas mengenai fungsi dan kegunaan big data secara umum, maka KAWN akan berikan beberapa manfaat spesifik penggunaan big data pada kegiatan bisnis, Berikut ini adalah ulasannya.
Operasional Bisnis Semakin Produktif dan Efektif

Penggunaan big data sangat berpengaruh terhadap kegiatan operasional sebuah bisnis. Big data dapat membuat operasional bisnis menjadi lebih produktif dan efektif. Sebagai gambaran, misalnya sebuah perusahaan F&B akan lebih produktif menghasilkan keuntungan dengan memproduksi hidangan-hidangan yang paling dicari oleh pelanggan.
Sebagai Strategi Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Loyalitas pelanggan dapat ditingkatkan melalui penerapan big data dalam proses pengambilan keputusan. Sebagai contoh, pemberian hadiah atau rewards kepada pelanggan setia bisnis dapat ditentukan berdasarkan pendekatan big data berupa analisa data penjualan seluruh outlet pada periode tertentu atau sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
Optimasi Fitur Pada Sebuah Aplikasi

Pada bisnis atau perusahaan yang bergerak dibidang aplikasi atau piranti lunak penggunaan big data sangatlah penting. Perusahaan tersebut dapat memberikan layanan memuaskan kepada pelanggan, pasalnya mereka dapat mengembangkan layanan atau fitur pada aplikasi sesuai dengan kebutuhan dan permintaan pasar. Selain itu, sifat dari big data yang cepat dalam pengiriman membuat aplikasi bebas loading lama pada saat digunakan.
Baca Juga: Kepuasan Pelanggan, Terapkan Cara ini untuk Mengukurnya
Berikut tadi adalah sedikit penjelasan mengenai big data, fungsi dan manfaatnya secara umum maupun pada dunia bisnis. Apabila Anda menemukan pertanyaan atau masukan seputar topik diatas, jangan sungkan untuk komen di kolom komentar. Sampai jumpa!