Bagaimana Aplikasi Kasir Online KAWN Dapat Mendukung Bisnis Kedai Kopi Anda?

-
kawn.co.id

Apa itu aplikasi kasir? Aplikasi kasir biasanya dikenal sebagai software Point-Of-Sale, software online ini membantu menjadi pendamping bisnis F&B. Dukungan tersebut disalurkan melalui transformasi digital pelaku bisnis di sektor F&B yang dapat diakses melalui perangkat Android atau iOS di mana pun secara online.

Dengan maraknya penikmat kopi dan pecinta kopi, saat ini masyarakat lebih mengenal kopi sebagai sebuah budaya, atau “Coffee for pop culture”. Kemudian, apa kaitannya aplikasi kasir dengan kopi atau dengan bisnis kopi, berikut ini penjelasannya.Bicara mengenai kopi, saat ini bisnis kedai kopi di beberapa wilayah kota besar di Indonesia sedang menjamur, di mana hal ini bisa jadi mengindikasikan bahwa keberadaan kopi di Indonesia kini tengah populer.

Hal ini berawal dari meningkatnya industri pengolahan kopi di nusantara. Semakin meningkatnya industri kopi, hingga membuat kopi sendiri menjadi bagian dari gaya hidup sebagian besar orang saat ini. Jika kopi di Indonesia berhasil populer hingga mancanegara, tentu Indonesia akan lebih dikenal di mata dunia. Kopi itu sendiri adalah jenis minuman seduh yang sudah dikenal sejak dahulu kala.

Pada masanya dulu, kopi biasanya menjadi minuman wajib bagi para orang tua, kini kopi juga sudah menjadi minuman favorit kaum muda, tidak terkecuali Anda. Saat ini, banyak kita temui kedai kopi yang menjadi tempat nongkrong kaum muda, dengan menu andalan tentunya adalah kopi.

Kedai kopi ini sepertinya berlomba untuk menawarkan cita rasa kopi khas Indonesia dari berbagai daerah di Indonesia. Beberapa kopi yang terkenal diantaranya kopi Gayo, kopi Mandailing, kopi Lampung, kopi Kintamani dan kopi Jawa.Kebiasaan minum kopi di Indonesia sudah bukan menjadi hal yang baru. Bahkan kopi itu sendiri sering dijadikan sebagai alat pemersatu dan pencipta kerukunan.

Saat ini dengan banyaknya bisnis kedai kopi kekinian, akhirnya kegiatan minum kopi pun menjadi hal yang banyak dilakukan oleh berbagai kalangan masyarakat, dari remaja hingga dewasa. Siapa di antara kalian yang tidak suka dengan kopi? Tentunya Anda menyukai kopi, baik untuk menjadi penambah stamina, maupun sebagai pelengkap untuk menemani Anda menyelesaikan pekerjaan di tempat Anda bekerja.

Tidak terkecuali bisnis kedai kopi atau coffee shop, bisnis dalam bidang ini adalah peluang besar dan menjanjikan. Namun, itu semua tergantung bagaimana cara Anda mengelola dan mengembangkannya. Nah, apa saja hal yang diperlukan untuk memulai bisnis coffee shop atau kedai kopi berikut ini beberapa tipsnya!

Yang pertama, Mulailah dengan kedai kopi sederhana dan jangan pernah paksakan untuk membuat kedai kopi yang mewah. Bagaimanapun Anda harus melihat bagaimana kemampuan Anda dalam hal ini adalah modal bisnis Anda. Kemudian, pikirkan dan tentukan siapa target yang cocok untuk bisnis kedai kopi Anda.

Mencari supplier juga harus disesuaikan dengan target konsumen yang telah Anda tentukan. Misalnya, Anda menentukan bahwa target konsumen Anda adalah kelas menengah ke bawah, berarti Anda dapat mencari supplier dengan mudah di pasaran. Selanjutnya, tentunya lokasi bisnis Anda. Lokasi juga menjadi penentu untuk memberikan dampak yang baik untuk bisnis Anda.

Tidak mungkin Anda dapat bersaing jika lokasi bisnis Anda bersebelahan dengan kompetitor, atau bisnis Anda  adalah bisnis kopi dengan konsep kedai kopi sederhana, berarti Anda harus memilih lokasi yang berdekatan dengan banyak orang. Berbeda dengan konsep bisnis yang menyasar pada kelas menengah ke atas, Anda dapat mencari lokasi yang berdekatan dengan kampus, mall, sekolah, kantor, dan lain sebagainya.

Setelah lokasi sudah Anda tentukan, sekarang saatnya Anda memikirkan pengelolaan bisnis Anda. Dari mana mulainya, Anda dapat mulai dari pencatatan pengeluaran dan pemasukan usaha Anda, Kasir misalnya. Nah, yang tidak kalah pentingnya adalah promosi bisnis Anda. Untuk memperkenalkan produk ke masyarakat luas, Anda harus melakukan promosi bisnis.

Di mana promosi bisnis dapat Anda lakukan dengan berbagai cara, Anda bisa menggunakan teknik review, atau memperkenalkan bisnis dan usaha Anda dari mulut ke mulut. Hal tersebut adalah hal yang cukup membantu bisnis Anda lebih dikenal lagi.Anda tidak hanya membutuhkan perlengkapannya saja, namun juga dibutuhkan sebuah teknologi untuk penunjung kelancaran dari bisnis tersebut.

Anda harus mulai memikirkan untuk membuat laporan keuangan. Dengan laporan keuangan, Anda dapat lebih mudah melihat kondisi keuangan hingga membuat keputusan ketika ingin mengembangkan bisnis. Sebuah teknologi untuk penunjang kelancaran dari bisnis Anda. Salah satunya adalah dengan penggunaan aplikasi kasir online.

Aplikasi kasir atau yang lebih kita kenal dengan software Point-Of-Sale (POS), pada dasarnya adalah sebuah cash register bisnis. Aplikasi ini digunakan di kantor atau lokasi bisnis di mana barang atau jasa dijual kepada klien atau pelanggan. Dengan, memanfaatkan teknologi Internet, program ini tidak hanya digunakan oleh gerai ritel fisik namun juga toko online.

Selain itu, software ini dapat menghitung total biaya, termasuk pajak, dan memberi tahu jika Anda perlu mengembalikan beberapa perubahan pada pelanggan. Dengan aplikasi kasir ini, tugas Anda menjadi lebih mudah terutama dalam menghitung total penjualan, jumlah pajak penjualan, dan berapa kali barang terjual selama periode tertentu.

Hingga saat ini sudah banyak Aplikasi kasir yang dapat digunakan secara gratis untuk masa trial-nya, salah satunya adalah KAWN. Aplikasi kasir online KAWN didesain untuk menjadi pendamping bisnis F&B. Mendukung transformasi digital pelaku bisnis di sector F&B, KAWN menggunakan teknologi Point-of-Sale yang diusung untuk dapat mengoptimasi bisnis agar menjadi lebih efektif dan efisien.

KAWN dapat mendukung aktivitas inventory, pricing, transaksi dan pembukuan bisnis Anda secara digital, akurat, aman dan mudah. Aplikasi kasir KAWN, juga mampu membantu perusahaan untuk dapat melakukan pembayaran melalui perangkat Android atau iOS di mana pun. Sistem ini juga dapat menerima pembayaran melalui kartu kredit dan debit.

Fungsi lain yang ditawarkan oleh aplikasi ini meliputi pengelolaan barang, penjualan realtime dan pelacakan stok barang. KAWN memiliki 5 fitur unggulan, yaitu; Real-Time Notification (Rekap transaksi harian dengan notifikasi real-time ke WhatsApp pemilik gerai), Custom Order (Memudahkan transaksi untuk pesanan custom yang berbeda dengan menu), Custom Receipt (Pemilik gerai bisa meletakkan visual atau text pada struk belanja), Table Management (Fitur yang memudahkan transaksi di gerai dengan jumlah meja yang banyak ataupun pelanggan yang silih berganti), dan Promo Display (Membantu petugas kasir paham dan ingat promo apa yang sedang berlangsung.KAWN terbentuk pada tanggal 13 September 2018. Peluncuran pertamanya tentu dihadiri oleh penggagasnya PT Technomedia Multi Sejahtera yang merupakan perusahaan teknologi di bawah naungan IndoSterling Group.

Setelah itu, KAWN kembali menyapa para pemilik bisnis F&B dengan mengadakan talkshow dan Product demo pada tanggal 18 September 2018, dengan beberapa pembicara yang inspiratif dan penuh wawasan, para pemilik bisnis, chef dan barista professional, serta pakar kopi kuliner. Mengapa pakar kopi kuliner dan barista?

Karena talk show yang diadakan oleh KAWN tersebut mengusung tema “Coffee for Pop Culture”, di mana KAWN mengundang Business Owner, Evani jesslyn, Professional Barista, Cindy Herlin Marta dan tentunya Coffee Expert Ve Handoyo, untuk dapat berbagi wawasan seputar bisnis kedai kopi. Nah, sekarang Anda sudah tahu kan kalau membuat bisnis kopi membutuhkan beberapa persiapan. Tentunya Aplikasi kasir ini adalah salah satu faktor kebutuhan yang sangat membantu Anda. Untuk itu, cari tahu lebih lanjut aplikasi kasir online KAWN, Anda bisa lihat di sini, ya.