Aplikasi Restoran Online Tingkatkan Performa Bisnis

-

Aplikasi restoran online sebagai akseleran performa bisnis memang diperlukan saat ini. Berbagai kemudahan, mulai dari mengelola, memantau dan menganalisis bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi restoran online.

Dewasa ini banyak pengembang aplikasi membuat berbagai aplikasi dengan fungsi dan manfaat yang hampir tidak terpikirkan sebelumnya. Sebagai contoh, mungkin kehadiran aplikasi restoran online yang berfungsi untuk menggantikan pramusaji tidak pernah ada sebelumnya.

Namun, dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi hal tersebut akhirnya mungkin untuk dilakukan. Seperti ulasan di bawah ini KAWN POS akan memberikan beberapa aplikasi restoran online yang tidak hanya membantu meningkatkan performa bisnis, namun mampu meningkatkan efisiensi bisnis Anda.

Baca juga: 7 Tips Memilih Point of Sales Terbaik untuk Mendukung Proses Bisnis

Aplikasi Restoran Online Pengganti Kasir Manual

source : google image

Aplikasi restoran online yang saat ini sedang menjamur digunakan di restoran, cafe maupun coffee shop adalah aplikasi kasir online. Aplikasi kasir online atau POS digunakan untuk menggantikan fungsi mesin kasir manual.

Selain, berfungsi sebagai pencatatan transaksi keuangan ternyata aplikasi restoran online ini juga mempunyai fungsi lainnya. Analisa transaksi bisnis, pencatatan stok bahan baku, absensi karyawan, laporan bisnis multi-cabang dan masih banyak lainnya.

Penggunaan aplikasi kasir online memberikan banyak manfaat, seperti menghindari kecurangan transaksi, analisa performa bisnis, analisa selera pelanggan, supervisi jarak jauh, informasi kadaluarsa bahan baku dan lain-lain. Ingin merasakan manfaat dari aplikasi kasir online? Anda bisa coba KAWN POS selama 15 hari dengan “KLIK” disini.

Baca juga: KAWN POS Bisa Di-Set Up Secara Remote Loh!

Aplikasi Monitoring Pesanan

source : KAWN

Seringkali pelanggan sebuah restoran mengalami pengalaman kurang mengenakan terkait dengan pelayanan pemesanan hidangan. Lamanya waktu menunggu, pesanan yang tidak sesuai antrian atau kesalahan dalam detail pesanan.

Semua hal tersebut terjadi karena adanya faktor kesalahan manusia atau human error. Kesalahan tersebut memang tidak bisa dihindari, karena beberapa faktor cukup berperan, mulai dari pramusaji atau koki yang tidak fokus, pesanan yang overload atau pencatatan yang manual.

Namun, saat ini sudah ada aplikasi restoran online yang berfungsi untuk meminimalisir masalah tersebut. Beberapa diantara aplikasi tersebut mempunyai fungsi, seperti pencatatan pesanan secara online agar sesuai dengan antrian, pencatatan pesanan yang terintegrasi dengan dapur dan mencatat permintaan khusus dari pelanggan.

Baca juga: KAWN Saji

Aplikasi Pemesanan Mandiri

source : deputy

Selanjutnya pernahkan Anda memesan hidangan di restoran cepat saji menggunakan aplikasi? Biasanya pada restoran tersebut akan disediakan layar monitor yang bisa di sentuh untuk memilih dan memesan hidangan yang diinginkan.

Kemudian setelah hidangan dipilih pelanggan akan diminta untuk melakukan pembayaran dan data mengenai pesanan akan secara otomatis masuk ke dalam sistem di dapur. Aplikasi restoran online tersebut populer dengan nama self-order kiosk.

Penggunaan aplikasi restoran online tersebut makin marak digunakan setelah hadirnya pandemi covid-19 yang mengharuskan setiap orang untuk mengurangi kontak fisik. Namun, setelah menggunakan aplikasi tersebut harus tetap menggunakan hand sanitizer secara berkala ya!

Baca juga: KAWN POS Dukung Operasional Bisnis Depo Air Hidup

Aplikasi Loyalti

source : apptentive

Loyalitas pelanggan merupakan keutamaan dari sebuah bisnis kuliner. Apabila Anda mempunyai pelanggan yang setia maka umur dari bisnis yang Anda rintis akan jauh lebih lama dan stabil.

Meningkatkan loyalitas tentu bisa dilakukan dengan menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan selera pelanggan. Namun, untuk memperkuat hal tersebut, pelanggan juga membutuhkan sebuah apresiasi dari kesetiaan yang telah mereka berikan.

Menjawab fenomena tersebut, hadirlah aplikasi loyalti yang berfungsi sebagai pemberi hadiah dalam bentuk diskon atau poin kepada para pelanggan setia.  Aplikasi loyalti bisa diakses oleh member sebuah restoran dan tentu selain bisa meningkatkan loyalitas, kehadiran aplikasi restoran online ini juga mampu meningkatkan retensi pembelian produk.

Baca juga: Kepuasan Pelanggan, Terapkan Cara ini untuk Mengukurnya

Central Kitchen

source : KAWN

Terakhir ada central kitchen atau dapur terpusat yang digunakan oleh restoran dengan basis penjualan sistem daring atau waralaba. Beberapa merek bisnis waralaba mengharuskan pembeli waralaba untuk tidak mengolah hidangan sendiri, melainkan mewajibkannya kepada sang pemilik merek.

Dengan alasan menjaga orisinalitas rasa dan juga kualitas menjadikan sistem bisnis ini membutuhkan aplikasi restoran online yang terhubung dengan dapur pusat. Dapur pusat akan berperan sebagai dapur umum yang akan mengolah semua pesanan dari setiap cabang kemudian akan mengirimkannya ketika cabang bisnis membutuhkan.

KawanKAWN barusan adalah beberapa aplikasi restoran online yang bisa digunakan untuk meningkatkan performa bisnis kuliner Anda. Apabila Anda mempunyai pertanyaan atau saran jangan sungkan untuk komen di bawah ya! Sampai jumpa lagi.