Aplikasi Penunjang Bisnis Online Selama PPKM Darurat

-

Aplikasi saat ini menjadi sebuah alat bantu bagi para pebisnis untuk meningkatkan performa bisnis mereka. Aplikasi saat ini pun, tak hanya digunakan sebagai media hiburan semata, melainkan dapat dijadikan sebagai sarana penunjang bisnis.

Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau disingkat PPKM darurat yang saat ini diberlakukan oleh pemerintah sebagai solusi untuk menurunkan angka penyebaran infeksi Covid-19, ternyata mempunyai dampak lain di bidang bisnis. Banyak bisnis yang menutup sementara kegiatan mereka demi mendukung kebijakan dari pemerintah tersebut.

Namun, bagi para pebisnis yang kreatif mereka dapat memanfaatkan teknologi sebagai solusi agar kegiatan bisnis masih tetap produktif meskipun outlet tidak membuka layanan secara tatap muka. Kehadiran aplikasi-aplikasi ini mendukung kegiatan operasional bisnis, setiap harinya tanpa harus banyak melakukan mobilitas kerja.

Melansir dari berbagai sumber berikut adalah beberapa aplikasi penunjang bisnis online selama PPKM darurat berlangsung. Mari kita bahas satu per satu.

Baca Juga: WFH Mau Lancar? Intip Aplikasi Remote Work Berikut ini

Aplikasi Kasir Online KAWN

source : ariamedia

Anda seorang pemilik bisnis yang sudah memiliki banyak cabang di beberapa wilayah? Tentu dengan adanya pemberlakuan PPKM darurat akan menyulitkan Anda untuk melakukan kegiatan supervisi dari satu cabang ke cabang lainnya.

Kegiatan supervisi saat ini bisa dilakukan dimana pun dan kapan pun dengan bantuan aplikasi kasir online KAWN. Melalui aplikasi ini Anda dapat memantau pencatatan bisnis dan arus keuangan semua cabang bisnis yang Anda miliki.

Hanya bermodalkan komputer tablet atau laptop, Anda bisa memantau semua kegiatan tersebut dari hunian Anda. Penyekatan jalan yang terjadi saat PPKM darurat bukan menjadi halangan untuk tetap melakukan kegiatan supervisi secara efektif dan efisien.

Baca Juga: 20+ Aplikasi Untuk Work From Home Agar Lebih Efektif [Terlengkap]

Optimalisasi Aplikasi Ghost Kitchen

source : upmenu

Masih soal bisnis F&B, kegiatan PPKM darurat mengharuskan bisnis F&B untuk tidak melakukan kegiatan makan ditempat atau dine in selama periode kebijakan berlangsung. Kondisi ini menyulitkan dari sisi bisnis, dimana omset penjualan tidak seramai pada saat sebelum PPKM terjadi.

Perilaku konsumsi pelanggan akan mengikuti perubahan kebijakan dengan lebih banyak memesan hidangan secara daring melalui aplikasi ghost kitchen, seperti grab food, go-food, shopee food dan lain sebagainya. Sudah saatnya Anda bergabung menjadi tenant dari aplikasi-aplikasi tersebut, sebagai jalan untuk melebarkan sayap bisnis baik secara daring maupun luring.

Baca Juga: Ghost Kitchen Jadi Tren F&B Selama Pandemi

Buka Toko Kelontong di E-Commerce

source : gemius

Salah satu isi dari kebijakan PPKM darurat adalah soal aturan pembagian kategori bisnis menjadi 3, yakni esensial, non esensial dan kritikal. Pembagian tersebut menyangkut operasional bisnis, yang mana untuk sektor kritikal diwajibkan untuk 100% WFO, esensial menerapkan kombinasi WFH dan WFO dan sektor non esensial yang 100% WFH.

Nah, apabila bisnis Anda termasuk kategori non esensial, misalnya toko baju, toko kosmetik atau aksesoris selular yang diwajibkan untuk menutup sementara bisnis atau melakukan bisnis tanpa harus tatap muka, sudah saatnya Anda untuk membuka toko secara daring.  Beberapa aplikasi e-commerce, seperti shopee, tokopedia, lazada dan lainnya membuka kesempatan bagi Anda untuk tetap bisa memasarkan produk kepada pelanggan secara daring.

Baca Juga: Apa Saja Sektor Perusahaan yang Boleh Beroperasi Saat PPKM Darurat? Ini Daftar Lengkapnya

Transaksi Aman Tanpa Harus ke Bank: Mobile Banking

source : harapan rakyat

Aplikasi yang keempat, mungkin sudah banyak yang digunakan di keseharian dan tanpa sadar sudah turut membantu mensukseskan program penurunan angka penyebaran infeksi Covid-19. Aplikasi mobile banking dengan berbagai fitur canggih bidang finansial membantu masyarakat, baik pebisnis maupun pelanggan untuk melakukan transaksi keuangan tanpa harus hadir di kantor bank.

Beberapa aplikasi mobile banking dari instansi bank tertentu bahkan sudah bisa membuat rekening tanpa harus datang ke bank secara langsung. Dengan aplikasi finansial ini pun arus keuangan akan jauh lebih aman, baik secara keamanan maupun dari sudut pandang kesehatan.

Buat Materi Promo Menarik dengan Aplikasi Desain Grafis

source : mumbrella

Aplikasi terakhir, yang direkomendasikan oleh KAWN kepada Anda adalah aplikasi desain grafis untuk mendukung kegiatan bisnis Anda secara daring. Dengan adanya kebiasaan baru menggunakan aplikasi marketplace sebagai media jual-beli produk, Anda pasti membutuhkan materi promo visual menarik untuk meningkatkan angka penjualan.

Beberapa aplikasi desain grafis, seperti canva, sketchbook atau adobe illustrator bisa Anda manfaat untuk membuat materi visual promo yang menarik. Pelajari cara penggunaannya melalui internet apabila Anda masih awam menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut.

Baca Juga: 4 Software Desain Grafis yang Paling Sering Digunakan

Hai KawanKAWN berikut tadi adalah beberapa aplikasi penunjang bisnis online selama periode PPKM darurat. Semoga informasi ini berguna bagi Anda dalam menjalani masa-masa pandemi saat ini.

Apabila Anda mengetahui aplikasi lain yang bisa mendukung proses bisnis online selama pandemi, jangan sungkan untuk komentar di bawah ini. Sampai berjumpa di lain waktu.