Apa Itu Minat Belanja? Dan Bagaimana Cara Meningkatkan Minat Belanja Konsumen?

-

Belakangan, minat belanja konsumen memang sedang mengalami penurunan yang cukup signifikan. Tentu saja, hal ini disebabkan karena pandemi covid-19 yang mewabah dunia, termasuk Indonesia. Karena itulah, banyak pebisnis yang khawatir menurunnya pendapatan bisnis, dikarenakan minat belanja konsumen yang terjun bebas.

Baca juga: 5 Strategi Bisnis yang Perlu Dipersiapkan Pasca Pandemi COVID-19

Namun, sebetulnya ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar minat belanja tetap timbul di dalam diri konsumen. Salah satu yang paling utama tentunya masalah harga. Sebab, kebanyakan masyarakat Indonesia cenderung akan melihat price tag terlebih dahulu dibanding faktor lainnya, seperti kualitas produk. Bila harganya di luar kemampuan finansial sang konsumen, sudah pasti mereka akan memilih produk lain yang lebih terjangkau.

Baca juga: Baru Membuka Bisnis F&B, Tentukan Harga Jual Produk dengan Cara Berikut Ini!

Lantas, apa sih yang dimaksud dengan minat belanja? Menurut kajianpustaka.com minat belanja adalah sikap konsumen, dimana mereka merasa tertarik dan ingin memiliki barang yang mereka butuhkan. Keputusan seorang konsumen untuk membeli sebuah barang atau jasa dipengaruhi oleh teori AIDA (attention, interest, desire dan action). Adapun penjabaran teori tersebut berdasarkan dictio.id adalah sebagai berikut:  

Source: Google Image
  1. Attention: Attention atau perhatian adalah tahap pertama dimana konsumen hanya sekedar melihat-lihat produk yang akan dibelinya. Kemudian, pada tahapan ini konsumen juga akan mempelajari tentang produk tersebut.
  2. Interest: Dalam tahap ini, calon konsumen mulai merasa tertarik dengan produk yang akan dibelinya dan mulai mempelajari produk tersebut dengan lebih detail.
  3. Desire: Pada tahap ini, calon konsumen sudah memiliki minat dan keinginan yang tinggi terhadap produk yang dijual. Umumnya di tahap ini, sang konsumen sudah mulai bertanya-tanya secara langsung ke penjual tentang produk tersebut.
  4. Action: Dan terakhir adalah Action, dimana konsumen sudah memutuskan dan mengambil tindakan untuk membeli produk yang mereka lihat. Pada tahap inilah, terjadinya transaksi antara penjual dan pembeli.

Baca juga: 5 Manfaat Memahami Perilaku Konsumen Terhadap Perkembangan Bisnis


Melihat begitu pentingnya minat belanja konsumen terhadap bisnis Anda, lantas, apa yang bisa dilakukan pebisnis untuk meningkatkan minat belanja konsumennya. Seperti yang KAWN lansir dari maxmanroe.com, berikut penjelasannya.

Kualitas Produk

Source: Google Image

Selain faktor harga, hal yang paling mendasar dan merupakan pertimbangan utama konsumen dalam membeli suatu produk adalah kualitas dari produk itu sendiri. Sebagai contoh jika bisnis Anda menjual produk F&B, tentu saja Anda harus meningkatkan kualitas rasa dari makanan atau minuman yang Anda jual. Bukan tidak mungkin, jika produk yang disajikan memiliki rasa yang buruk, banyak konsumen yang tidak berminat untuk membeli produk F&B Anda.

Baca juga: 5 Langkah Meningkatkan Kualitas Produk di Lini Produksi

Untuk itu, Jangan ragu untuk melakukan riset dan pengembangan produk demi mendapatkan kualitas produk yang baik. Sebab, tidak ada cara meyakinkan konsumen yang lebih baik daripada menciptakan produk yang berkualitas tinggi.

Terapkan Diskon

Source: Google Image

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, harga menjadi salah satu kunci untuk mendapatkan attention dari calon konsumen. Karena, selain kualitas produk yang unggul sudah tentu masalah harga yang menjadi pertimbangan konsumen untuk membeli produk tersebut.

Baca juga: Mengetahui Pentingnya Menentukan Harga Jual Produk  

Agar calon konsumen lebih tertarik, Anda perlu memberikan diskon terhadap produk yang ditawarkan. Diskon sendiri bukan hanya tentang memberikan potongan harga, karena banyak jenis diskon yang bisa Anda terapkan, seperti: buy 1 get 1 atau cashback. Untuk itu, jangan ragu untuk memberikan diskon kepada konsumen Anda ya!

Baca juga: Terapkan 5 Jenis Diskon ini, Dijamin Konsumen Bakal Happy

Kualitas Layanan

Source: Google Image

Selain harga dan kualitas barang, satu hal yang menarik minat konsumen untuk membeli produk adalah mempertimbangkan layanan yang diberikan. Karena bisa jadi, layanan yang tidak baik bisa memberikan efek buruk terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk tersebut.

Baca juga: Cara Efektif Tingkatkan Loyalitas Pelanggan

Sebagai contoh, jika Anda bergerak pada bisnis online shop, Anda bisa menerapkan layanan free ongkos kirim. Sudah barang tentu, hal tersebut dapat menarik minat belanja mereka.

Baca juga: 4 Tips Menerapkan Promosi Gratis Ongkir Tanpa Mengalami Kerugian

Sebetulnya kita dapat berkaca dari salah satu e-commerce yang ada di Indonesia, shopee. Seperti yang KAWN lansir dari trenasia.com, per tahun 2020 shopee berada di urutan pertama sebagai e-commerce dengan pengguna terbanyak di Indonesia.

Salah satu faktor mengapa shopee bisa menjadi e-commerce yang sukses adalah dengan adanya program gratis ongkir yang dimilikinya. Tentunya ini memancing konsumen untuk membeli produk apapun di shopee.

Rekomendasi

Source: Google Image

Pernahkah Anda berpikir, mengapa banyak bisnis yang rela membayar mahal influencer untuk merekomendasikan produk mereka? Hal ini dikarenakan rekomendasi merupakan salah satu faktor penting untuk meningkatkan minat belanja konsumen. Terlebih jika yang merekomendasikannya adalah seorang public figure terkenal yang biasa disebut dengan influencer atau orang terdekat Anda yang dapat Anda percaya.

Baca juga: Pentingnya Influencer Dalam Perkembangan Bisnis Online Shop

Sebagai contoh, jika Anda pernah direkomendasikan produk oleh saudara atau teman yang sudah merasakan khasiat dari produk tersebut, maka pastinya minat belanja Anda untuk mencoba produk tersebut akan lebih tinggi daripada membeli produk lain yang belum terbukti kualitasnya.  

Garansi atau Jaminan

Source: Google Image

Terakhir, hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan minat belanja konsumen adalah dengan memberikan jaminan atau yang biasa disebut dengan garansi. Secara tidak langsung, garansi ini membuktikan bahwa produk yang Anda jual benar-benar berkualitas dan Anda bisa mempertanggung jawabkannya. Terlebih jika produk yang dijual jual merupakan barang elektronik yang harganya di atas rata-rata dan sangat rentan mengalami kerusakan.

Baca juga: Manfaat Garansi Produk

Makanya, jangan heran saat Anda mengunjungi toko elektronik dan sering sering melihat tulisan “garansi service 1 tahun”. Karena ini adalah salah satu strategi toko tersebut untuk menarik minat belanja konsumennya.

Membangun minat konsumen memang sangatlah penting dalam perkembangan bisnis Anda. Untuk itu, tidak ada salahnya jika Anda menerapkan beberapa langkah diatas. Artikel ini sifatnya feel free to discuss, jadi jika ada pertanyaan seputar topik diatas, ada baiknya tinggalkan pertanyaan di kolom komentar ya! ditunggu!