5 Usaha Kurang Populer Namun Ramai Peminat

-

Usaha atau bisnis adalah sarana yang mempunyai arti banyak dan berbeda-beda bagi setiap orang. Ada yang melakukan usaha demi mencari pendapatan, ada juga yang menjadikan usaha sebagai sarana aktualisasi diri. Lalu, niat usaha manakah yang Anda cari?

Berbicara tentang usaha, terkadang Anda seringkali gusar ketika dihadapkan pada niat berusaha, namun terbatas pada ide usaha seperti apa yang ingin dijalankan. Ada usaha yang terlihat mudah dilakukan namun memiliki banyak pesaing dan bingung membuat perbedaan agar bisa dilirik oleh calon pelanggan.

Refleksi terhadap diri berkaitan dengan bakat dan kemampuan yang dimiliki menjadi faktor utama sebelum Anda terjun ke dunia usaha. Contoh sederhana, apabila Anda mempunyai pengetahuan dan bakat di bidang kecantikan, dunia usaha yang berhubungan dengan kecantikan dan kesehatan kulit bisa menjadi pilihan.

Kemudian melakukan riset pasar juga perlu dilakukan agar usaha yang Anda rencanakan bisa berjalan sukses. Riset secara kecil-kecil dengan melihat apa tren kebutuhan dari calon pelanggan bisa menjadi cara sederhana untuk melakukan riset dengan modal ringan. Atau jikalau Anda mempunyai cukup modal usaha, Anda bisa menyewa jasa seorang konsultan bisnis untuk melakukan hal tersebut.

Baca juga: Menyewa Konsultan Bisnis? Pahami Dulu Untung dan Ruginya

Melirik usaha yang kurang populer bisa menjadi pilihan alternatif bagi Anda untuk memulai usaha yang tidak terlalu mainstream. Kurang populer bukan berarti sepi peminat, loh! Akan tetapi bisa dibilang jenis usaha ini hanya bisa dilakukan oleh orang-orang tertentu dan bisa jadi Anda adalah orang tersebut.

Pada artikel kali ini KAWN akan memberikan beberapa alternatif usaha yang kurang populer, namun mempunyai pangsa pasar tersendiri. Semoga daftar usaha ini bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang masih bingung ingin memulai usaha jenis apa. Tanpa berlama-lama mari kita simak bersama.

Baca juga: Strategi Bisnis Batik Di Tengah Pandemi Covid-19

Usaha Air Minum Isi Ulang

Source: Canva

Air siap minum adalah kebutuhan primer dari setiap manusia. Karena alasan kesehatan dan kebersihan, banyak diantara warga kota-kota besar sudah beralih dari air sumur menjadi air kemasan isi ulang untuk kebutuhan konsumsi. Usaha ini dulu kebanyakan dimonopoli oleh korporasi besar, namun saat ini UMKM pun sudah bisa menjalankannya.

Bahkan bagi Anda yang tidak mau repot, sistem bisnis dengan sistem  waralaba bisa menjadi solusi. Anda hanya perlu membeli merek dagang tertentu kemudian tidak perlu pusing memikirkan konstruksi kios, materi promosi bahkan sewa tempat usaha.

Baca juga: Waralaba yang Cepat Balik Modal

Produk Ramah Lingkungan

Source: Canva

Pernahkah Anda mendengar istilah pembalut kain atau kantong plastik berbahan dasar serat daun singkong? Kedua produk tersebut adalah sekian dari produk-produk ramah lingkungan yang berguna untuk mengurangi limbah industri yang sulit terurai dengan sempurna oleh alam.

Dengan semakin banyaknya masyarakat yang sadar akan isu lingkungan, membuat bisnis produk ramah lingkungan mempunyai tempat tersendiri. Apalagi dengan adanya isu pemanasan global membuat produk ramah lingkungan menjadi solusi jangka panjang mengatasi masalah iklim tersebut.

Baca juga: 10 Produk Ramah Lingkungan Terpopuler, Bisa Jadi Peluang Bisnis

Rental Sewa Mainan Anak

Source: Canva

Anda tipikal orang tua yang rutin membelikan mainan anak, namun bingung ketika nanti anak sudah beranjak dewasa, mainan tersebut akan dikemanakan? Tenang saja, sewakan untuk anak lain bisa menjadi ide usaha menjanjikan.

Tumbuh kembang anak memang dapat distimulasi dengan mainan yang edukatif dan tentu saja aman bagi kesehatan. Mainan anak dengan kategori tersebut terkadang dibanderol dengan harga yang lumayan tinggi.

Sayangnya mainan tersebut tidak selamanya akan berguna apabila anak sudah bosan atau sudah beranjak dewasa. Sewa mainan bisa menjadi solusi alternatif agar tidak mubazir dan bisa dikembalikan apabila sudah tidak digunakan kembali.

Baca juga: Begini Cara Bisnis Sewa Mainan Anak Lengkap dengan Perhitungan Keuntungannya!

Jasa Penitipan Anak

Source: Canva

Di kota besar yang mayoritas Ayah maupun Ibu bekerja, peran bisnis penitipan anak atau yang dikenal dengan istilah daycare menjadi andalan saat ini. Kesibukan kedua orang tua membuat mereka tidak mempunyai cukup waktu untuk merawat buah hati dari pagi hari hingga ke sore bahkan malam hari.

Membuka usaha penitipan anak menjadi lahan bisnis yang menjanjikan bagi Anda yang tinggal di kota besar dengan kegiatan orang tua yang super sibuk. Agar lebih menarik, siapkan beberapa variasi paket perawatan, misalnya dengan adanya fasilitas pendidikan anak usia dini atau paket makan siang atau mungkin dengan fasilitas hiburan mendidik lainnya.

Baca juga: Catat Bunda, 10 Daycare Jakarta Selatan yang Punya Review Bagus

Pom Bensin Mini

Source: Google Image

Rekomendasi usaha terakhir adalah dengan membuka usaha pom bensin mini. Wilayah tertentu, seperti di desa pelosok atau daerah yang tidak memungkinkan membuka SPBU besar bisa menjadi sasaran dari pembukaan usaha pom bensin mini.

Anda bisa menaikan harga sedikit dari harga pasar dan bahan bakar pun siap dijual. Usaha ini cukup menjanjikan apabila dilakukan di wilayah padat penduduk, namun akses untuk membeli BBM di SPBU lumayan jauh.

Baca juga: Fotokopi, Kenali Tips Sukses untuk Memulai Bisnis Ini

Berikut adalah lima usaha kurang populer namun ramai peminat. Semoga informasi ini bisa menjadi bekal Anda untuk segera memulai usaha.

Tetap simak terus artikel blog KAWN yang tentu banyak memberikan inspirasi bagi Anda semua. Sampai berjumpa lagi.