5 Trend Bisnis Online Potensial saat Masa New Normal

-

Masa new normal dapat dikatakan sebagai angin segar bagi seluruh sektor bisnis, termasuk juga bisnis online. Semenjak diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan psychical distancing sebagian para pelaku bisnis memanfaatkan peluang tersebut untuk mencari keuntungan dengan berjualan secara online.

Selama kurang lebih 3 bulan melakukan segala aktivitas di rumah, tidak secara langsung membuat kebiasan atau habit baru. Masyarakat menghabiskan waktunya untuk berselancar di internet dan melakukan aktivitas lainnya seperti bekerja, belajar dan juga belanja. Semua itu dapat dilakukan dengan smartphone mereka.

Baca juga : 5 Bidang Bisnis Startup yang Berkembang saat Pandemi

Dengan adanya perubahan kebiasaan baru masyarakat selama menjalani PSBB dan physical distancing karena pandemi COVID-19. Hal ini membuat beberapa bisnis online semakin berkembang pesat dan bahkan mendapatkan keuntungan berkali lipat.

Melansir dari Liputan Bisnis berikut ini beberapa trend bisnis online yang berkembang saat new normal, mungkin salah satu diantaranya bisa Anda coba.

Coaching Finansial

Semenjak pandemi COVID-19 banyak diantara mereka yang kehilangan pekerjaannya dan pengeluaran per bulannya semakin membengkak. Akhirnya, tabungan yang seharusnya belum perlu dikeluarkan dengan terpaksa harus dikeluarkan untuk mencukupi biaya kehidupan.

Baca juga : 6 Langkah Menemukan Penasihat Keuangan Terbaik

Nah, disini pentingnya seorang financial planner untuk menjadi penasehat keuangan keluarga agar bisa tetap bertahan di masa new normal dan stabil di masa krisis seperti yang terjadi sekarang ini. Salah satu bisnis online yang menyediakan jasa tersebut, yaitu ZAP Finance.
Mereka menyatakan bahwa semenjak pandemi dan masa transisi new normal meningkatkan jumlah client atau pengguna aplikasi mereka.

Namun, apabila Anda seorang sarjana ekonomi atau memiliki sertifikasi di bidang tersebut, Anda bisa menjadi seorang financial planner dengan membuka jasa konsultasi keuangan. Disini, Anda juga bisa menggunakan fitur video call atau webinar dalam sesi konsultasi. Pada umumnya, konten konsultasi yang diberikan seputar mengatur keuangan, dana darurat dan juga tips investasi.

Kesehatan Online

Mungkin sebagian besar orang Indonesia masih kurang familiar dengan konsultasi secara online, sekarang sudah terdapat beberapa perusahaan di Indonesia yang menyediakan jasa konsultasi dokter via aplikasi. Salah satu penyedia jasa konsultasi memberitahukan bahwa semenjak pandemi COVID-19 jumlah pengguna atau client semakin kian bertambah.

Baca juga : Live Chat Konsultasi Kesehatan Dokter Online

Sepertinya diperkirakan selama masa transisi atau new normal ini semakin banyak masyarakat yang memanfaatkan fasilitas layanan konsultasi online, karena masyarakat sudah sadar bahwa pentingnya untuk menjaga kesehatan agar tidak terserang virus corona.

Jasa konsultasi yang diberikan oleh perusahaan ini juga beragam, tidak hanya seputar virus corona. Namun juga mencangkup berbagai macam penyakit yang sedang dikeluhkan oleh client atau pengguna. Selain itu, terdapat juga pembelian obat dan juga sesuai dengan resep yang diajukan oleh dokter bersangkutan.

Makanan Minuman Sehat

Pasti Anda sudah tidak asing lagi mendengar makanan vegan atau vegetarian bukan? Ya. Makanan yang berbahan dasar dari sayur-sayuran dan buah-buahan tanpa melalui proses dimasak menjadi semakin tinggi peminatnya. Karena, sudah terbukti bahwa raw food atau vegetarian banyak sekali manfaatnya.

Baca juga : 4 Minuman Sehat untuk Buka Puasa

Selain makanan vegetarian minuman sehat juga banyak sekali penggemarnya, seperti jamu atau minuman herbal lainnya. Karena banyaknya permintaan, hal ini membuat sebagian orang melihatnya sebagai sebuah peluang bisnis baru dan bisa memperoleh banyak keuntungan.

Baca juga : Jenis Makanan dan Minuman Sehat yang Baik Dikonsumsi

Bisnis ini cukup direkomendasikan untuk Anda yang ingin memiliki penghasilan tambahan, Anda juga bisa memanfaatkan marketplace atau e-commerce sebagai saluran penjualan Anda.

Pelindung Kesehatan

Bisnis selanjutnya yang sedang trend di masa new normal, yaitu pelindung kesehatan. Masker merupakan salah satu alat pelindung kesehatan yang paling banyak dicari saat ini. Semenjak pandemi COVID-19 dan memasuki era new normal pemakaian masker menjadi sesuatu yang wajib digunakan.

Baca juga : Macam-Macam APD dalam Menghadapi Wabah COVID-19

Dengan adanya protokol kesehatan untuk tetap menggunakan masker saat beraktivitas keluar rumah atau di tempat umum, maka permintaan akan masker ini diprediksi tidak akan turun. Melihat banyaknya permintaan tersebut, bisnis masker semakin berkembang. Tidak jarang, sekarang ini masker memiliki berbagai rupa desain yang unik.

Selain masker, pelindung wajah atau sering disebut juga face shield menjadi salah satu bisnis online yang berkembang saat new normal. Karena tingginya barang tersebut, kemungkinan besar kedua barang ini nantinya menjadi salah satu fashion di Indonesia pada masa new normal.

Dropshipper

Semenjak Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB membuat pengguna internet di Indonesia semakin bertambah. Hal itu membuat para pelaku bisnis online dropship juga semakin bertambah banyak. Karena, model bisnis yang satu ini cukup mudah dan tentunya modal yang dikeluarkan hanya sedikit, cukup bermodalkan kuota internet.

Baca juga : Bisnis Dropship: Panduan Lengkap untuk Pemula

Dropship sendiri merupakan model bisnis yang mempertemukan pembeli dan supplier melalui pihak ketiga (dropshipper). Ketika terjadi transaksi pembelian, supplier akan mengirimkan barang ke pembeli atas nama dropshipper.

Sekarang mudahkan bisnis ini sudah didukung oleh beberapa marketplace atau e-commerce yang menyediakan fitur dropship. Anda bisa memanfaatkan fitur tersebut dan mempromosikan barang-barang yang sesuai dengan kebutuhan pada saat new normal seperti sekarang ini, seperti face shield, masker dan juga hand sanitizer.

Nah berikut tadi merupakan beberapa trend bisnis yang sedang berkembang saat new normal, apabila Anda butuh pemasukan tambahan untuk kebutuhan harian, salah satu bisnis online diatas bisa Anda coba.