5 Tools Komunikasi Bisnis yang Sering Digunakan saat Pandemi

-

Saat pandemi seperti sekarang ini sebagian besar dari kita diharuskan untuk work from home, sebagai seorang profesional Anda harus tetap melakukan pekerjaan seefektif mungkin. Menggunakan tools komunikasi adalah salah satu cara agar urusan pekerjaan dapat berjalan dengan lancar.

Baca juga : Tips Tetap Produktif Saat Work From Home

Adanya tools komunikasi atau sering disebut juga collaboration tools sangat membantu sekali saat pandemi. Tools yang biasa digunakan juga memiliki berbagai macam fungsi dan juga kebutuhan, seperti chat, video call, mengirim file, dan hanya sekadar membuat to-do-list atau task project.

Baca juga : 5 Bidang Bisnis Startup yang Berkembang saat Pandemi

Jadi walaupun Anda bekerja dari rumah, pekerjaan yang Anda kerjaan atau project yang ingin Anda jalankan dapat tetap berjalan dengan baik. Berikut ini beberapa tools komunikasi yang sering digunakan oleh beberapa perusahaan untuk meningkatkan produktivitas karyawannya di saat pandemi.

Slack

Tools komunikasi bisnis yang pertama yang sering digunakan, yaitu Slack. Sebelum pandemi datang, tools ini juga sering digunakan. Namun, disaat seperti sekarang ini pengguna Slack jauh lebih meningkat dari sebelumnya. Karena tools ini memiliki banyak sekali fitur yang ditawarkan.

Baca juga : Slack, Sarana Komunikasi Tim Abad 21

Para pengguna Slack umumnya adalah seorang pekerja atau profesional, mereka memanfaatkan fitur direct message dan juga channel atau grup untuk mengirim pesan, selain itu Anda juga dapat mengirim file dalam bentuk apapun. Jadi, dengan fitur ini Anda tidak perlu menggunakan nomor pribadi untuk mengkomunikasikan pekerjaan.

Menariknya Slack dapat digunakan dalam 2 versi, melalui desktop (PC atau laptop) dan Anda juga dapat unduh aplikasi Slack di mobile phone melalui App Store. Karena kemudahan yang ditawarkan, tools ini sangat direkomendasikan sekali di setiap perusahaan, mungkin Anda bisa merekomendasikan menggunakan tools ini di kantor Anda.

Google Drive

Tools lainnya yang sering sekali digunakan adalah GDrive atau Google Drive. Walaupun tidak saat pandemi tools ini juga sering digunakan. Namun, beberapa perusahaan yang sebelumnya menggunakan microsoft office mulai beralih menggunakan tools yang satu ini.

Baca juga : 7 Fungsi Google Drive, Tak Hanya Sekadar Menyimpan File

Dengan menggunakan Google Drive Anda bisa menyimpan data dalam bentuk apapun seperti worksheet, dokumen, dan file dalam ukuran besar seperti video dapat disimpan. Keuntungan lainnya yang Anda dapatkan dengan menggunakan GDrive, yaitu kapasitas penyimpanan file yang sangat besar.

Selain itu, dengan menggunakan tools ini seluruh rekan kerja atau tim Anda diwaktu yang sama dapat melihat dan mengoreksi file yang sekiranya butuh di revisi. Jadi, dengan menggunakan GDrive seluruh pekerjaan Anda yang terkait dengan file mudah untuk dikomunikasikan.

Asana

Mungkin sebagian besar dari Anda masih kurang familiar dengan tools yang satu ini. Asana merupakan suatu tools komunikasi bisnis yang berfungsi untuk membuat perencanaan pekerjaan atau task project. Berbeda dengan tools task project lainnya, Asana dapat memberitahukan sudah berapa persen project tersebut akan selesai dan estimasi selesainya waktu pengerjaan.

Baca juga :  ASANA : Aplikasi Keren Untuk Manajemen Proyek Tim Anda

Walaupun Anda bekerja dari rumah dan mendapatkan akses internet, menggunakan tools yang satu ini dapat meningkatkan produktivitas dan Anda jadi bisa lebih mengerti apa yang harus Anda dan tim Anda lakukan.

Apabila Anda seorang Product Manager (PM) atau orang yang bertanggung jawab dan mengelola atas suatu produk (aplikasi) perusahaan Anda, dengan tools ini Anda dapat menentukan roadmap dari produk tersebut untuk dapat berjalan dengan baik.

Google Meet

Kalau tools yang satu ini Anda sering mendengar dan bahkan menggunakannya, bukan? Google Meet adalah salah satu tools video call yang sering sekali digunakan oleh berbagai perusahaan saat pandemi sekarang ini seperti,  town hall bulanan, seperti meeting mingguan, atau hanya bahkan absen harian.

Baca juga : Google Meet: Konferensi Video untuk Bisnis

Berdasarkan beberapa testimoni menggunakan aplikasi Google Meet untuk video call atau conference call cukup rekomendasi dikarenakan tidak terlalu ribet dan juga mudah digunakan. Melansir dari New York Times, fitur ini juga salah satu fitur yang sulit diretas dibandingkan tools video call lainnya.

Dengan menawarkan kemudahan dan tingkat keamanan yang tinggi, Google Meet menjadi salah satu alternatif untuk Anda dan tim apabila ingin mengkomunikasikan dan merencanakan project baru melalui video call.

Milanote

Tools komunikasi bisnis terakhir yang sering digunakan saat pandemi, yaitu Milanote. Mungkin sebagian besar dari Anda tidak pernah atau bahkan jarang dan tidak tahu tools ini untuk apa. Apabila Anda seorang desainer atau pekerja yang membutuhkan kreativitas visual, mungkin sudah tidak asing lagi dengan tools yang satu ini.

Baca juga : Wajib Dicoba, 4 Aplikasi Project Manager Selain Google Tasks

Milanote sering sekali digunakan oleh mereka para pekerja remote working untuk memudahkan komunikasi terkait desain visual yang ingin ditampilkan. Tidak hanya visual atau gambar saja, di Milanote Anda juga bisa memberikan sebuah komentar atau saran yang tersedia pada fitur di tools ini.

Nah itu dia beberapa tools komunikasi bisnis yang sering digunakan saat pandemi, dengan adanya tools tersebut sudah tidak ada alasan lagi untuk tidak bekerja efektif dan produktif saat bekerja. Dari kelima tools diatas mana yang lebih sering Anda gunakan saat bekerja? tulis di kolom komentar dibawah ini ya!