5 Hidangan Terenak Khas Negeri Bollywood

-

Saat mendengar kata Bollywood, apa yang terlintas dalam pikiran Anda? Mungkin selain film yang identik dengan tari-tarian, nyanyian dan Inspektur Vijay, tentunya aneka hidangan yang kaya akan rempah dan aroma yang kuat menjadi ciri khas hidangan dari Negara India. Rempah-rempah memang menjadi hal yang wajib dipakai dalam setiap hidangan di negara dengan populasi terbesar kedua di dunia ini.

Baca juga : 5 Hidangan Populer Khas Arab yang Menggugah Selera

Meski terkesan memiliki rasa yang pekat, namun hal ini justru membuat hidangan khas Negara India memiliki daya tarik dan keunikan tersendiri. Pantas saja, jika hidangan dari negeri tersebut sudah terkenal di berbagai negara di dunia. Lantas, apa saja sih, hidangan terenak dari Negeri Bollywood? Seperti yang KAWN lansir dari popbela.com, berikut daftarnya.

Baca juga : Menikmati Kuliner India di Dekat Jakarta International Expo

Ayam Tandoori

Dari sekian banyak hidangan khas dari Negeri Bollywood yang ada, mungkin ayam tandoori lah yang paling populer di Indonesia, dan diberbagai belahan dunia. Tak bisa dipungkiri kalau banyak restoran di berbagai belahan dunia yang menyajikan menu ayam tandoori ini. Sedangkan penamaan tandoori sendiri karena dalam proses pembuatannya bernama tandoori.

Baca juga : Tandoori, Barbeque Rasa Khas India

Tandoori adalah cara memasak bahan makanan dengan menggunakan rempah-rempah yang kemudian dipanggang dalam oven bertemperatur sangat tinggi bahkan bisa mencapai 300 derajat celcius. Berbagai macam rempah yang dipakai untuk hidangan ini terdiri dari, bubuk ketumbar, yogurt, bubuk cabai, garam, dan bumbu khas India yaitu kasoori methi.

Dosa

Tenang saja, Anda tidak akan ‘berdosa’ kok, kalau menyantap dosa yang satu ini. Dosa yang satu ini adalah nama hidangan khas dari Negeri Bollywood yang tampilannya tipis dan teksturnya sangat renyah yang mengingatkan kita pada kue leker asal Kota Surabaya.

Baca juga : Dosa, Makanan Unik Asal India

Dalam pembuatannya, hidangan ini dibuat dari kombinasi kacang dan tepung beras yang sudah melalui proses fermentasi terlebih dahulu. Hidangan ini memiliki rasa manis dan renyah dan biasanya disajikan dengan kentang yang sudah dibumbui dan dilengkapi dengan berbagai macam saus dan sambal. Hidangan ini tinggi akan karbohidrat kompleks dan rendah lemak yang baik dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalani program diet.

Samosa

Samosa adalah hidangan cemilan khas India yang rasanya tidak kalah enak dengan cemilan lainnya. Bila dilihat, tampilan dari samosa ini mirip dengan pastelnya orang Indonesia. Bedanya, kalau pastel mempunyai bentuk setengah lingkaran sedangkan samosa berbentuk segitiga.

Baca juga : Samosa, Pastel India

Awalnya, samosa merupakan hidangan khas Negeri Bollywood yang hanya menawarkan cita rasa gurih dengan tekstur yang renyah. Namun, saat ini sudah banyak tangan-tangan kreatif yang memodifikasi cemilan tersebut, sehingga memiliki varian rasa yang beragam seperti coklat dan susu.

Makanan khas Negeri Bollywood yang satu ini juga sangat mudah ditemui di Indonesia, karena beberapa restoran khas India yang ada di Indonesia kerap menyajikan menu ini. Bagi Anda pecinta cemilan, sepertinya wajib mencoba hidangan yang satu ini.

Naan

Selain roti canai, ternyata di Negeri Bollywood juga memiliki jenis roti lainnya yang tak kalah lezat, dialah naan. Naan merupakan roti pipih yang dibuat dari tepung ragi yang kemudian dipanggang dengan menggunakan tandoor, tandoor itu sendiri adalah oven tradisional yang terbuat dari tanah liat. Perlu Anda ketahui, bahwa masyarakat Negeri Bollywood lebih suka menyantap naan sebagai pengganti nasi putih, karena naan juga bisa disandingkan dengan beberapa makanan lainnya, seperti ayam tandoori atau ayam kari.

Tikka Masala

Bagi Anda yang sudah pernah bertandang ke India, sepertinya ada yang kurang kalau belum menyantap hidangan kari dari negara tersebut. Negeri Bollywood memang memiliki beberapa jenis kari yang terkenal, salah satunya adalah tikka masala. Hidangan ini merupakan kari ayam khas Negeri Bollywood dengan cita rasa yang unik karena dimasak dengan cream, yogurt dan tomat, sehingga warnanya terlihat orange pekat.

Baca juga : Jejak Perjalanan Kari India yang Mendunia

Tikka masala bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang suka dengan kari yang rasa dan aromanya kuat. Untuk penyajiannya, Anda bisa menyantap tikka masala dengan nasi putih atau naan, sungguh perpaduan yang sangat menggugah selera bukan!

Baca juga : 6 Jenis Kari India Ini Mempunyai Cita Rasa yang Gurih dan Lezat

Diatas adalah beberapa hidangan terenak dari Negeri Bollywood yang ada dalam daftar KAWN, untuk itu sempurnakan waktu bertandang Anda dengan menyantap hidangan khasnya. Dari 5 hidangan tersebut, kira-kira mana yang menjadi favorit Anda, atau mungkin Anda ada rekomendasi lainnya? Silahkan tulis di kolom komentar ya!