4 Media Online untuk Belajar Bisnis, Langsung dari Pakarnya!

-

Semenjak pandemi COVID-19 sebagian besar orang melakukan aktivitas hariannya di rumah dan hampir setiap jam menghabiskan waktunya menggunakan internet. Ada yang marathon film, melihat video tutorial memasak, seminar online dan bahkan tidak sedikit dari mereka belajar bisnis.

Baca juga : Tips Tetap Produktif Saat Work From Home

Sekarang sudah banyak sekali berbagai media belajar online memberikan pelatihan tentang bisnis, baik itu yang berbayar maupun gratis. Selain itu, media belajar online juga cukup beragam, Anda bisa menikmatinya melalui suara atau audio dan juga visual atau video, hanya saja perlu menyesuaikan dengan gaya belajar Anda.

Baca juga : 4 Platform Pelatihan UMKM Online, Wajib Anda Coba!

Ketika Anda sedang atau ingin menjalankan sebuah bisnis, penting sekali untuk Anda untuk memperoleh wawasan agar bisnis tersebut dapat berkembang. Terlebih di era digitalisasi saat ini dimanapun dan kapanpun Anda bisa mengakses informasi dan ilmu baru seputar bisnis.

Baca juga : 4 Cara Memulai Bisnis F&B

Melansir dari majalah Forbes, berikut ini beberapa media online untuk belajar online yang perlu Anda ketahui sebagai bekal menambah wawasan dalam menjalankan sebuah bisnis.

Podcast

Apabila senang belajar melalui audio, podcast bisa jadi pilihan yang tepat bagi Anda sebagai sumber belajar. Menariknya saat belajar melalui podcast, Anda akan mendengarkan orang berbicara sendiri (monolog) ataupun bersama orang lain (dialog) dan biasanya dilakukan selama kurang lebih 1 jam.

Baca juga : Apa itu Podcast? Penjelasan, Manfaat & Cara Menggunakan

Saat ini sudah banyak podcaster di dunia maupun di Indonesia yang membahas seputar bisnis, walaupun terdapat dari mereka yang tidak berkecimpung di dunia bisnis. Tetapi mereka mengundang para expertise untuk diwawancara. Kalau di luar negeri, Anda bisa mendengarkan podcast dari Gary Vee dan jika di Indonesia Anda bisa mendengarkan Thirty Days of Lunch.

Karena podcast bentuknya audio supaya Anda dapat mengingat, Anda juga bisa siapkan kertas kosong dan alat tulis untuk mencatat apa yang menjadi poin penting dalam pembicaraan tersebut.

Youtube

Sebagian besar dari Anda sering menggunakan media online yang satu ini, bukan? Ternyata Youtube tidak hanya menghadirkan para content creator yang membahas hal-hal tidak penting. Supaya kuota internet tidak terbuang sia-sia, Anda perlu mencari dan melihat channel yang membahas seputar bisnis.

Baca juga : 8 Channel YouTube Indonesia Cocok untuk Belajar di Rumah

Sama seperti podcast, di Youtube juga Anda sering melihat dialog ataupun monolog dalam menyampaikan materi. Ada beberapa channel Youtube yang perlu Anda subscribe untuk mendapatkan insight seputar bisnis, seperti Rico Huang, SuccessBefore30 dan Crash Course Entrepreneur jika Anda suka dengan penyampaiannya menggunakan animation atau motion graphic.

Beberapa channel tersebut cukup direkomendasikan untuk Anda yang sedang atau ingin menjalankan sebuah bisnis, terlebih beberapa content creator tersebut memberikan semacam seminar online dan terkadang mengundang expertise untuk membahas topik bisnis tertentu, mulai dari tingkatan beginner (pemula) atau yang sudah advance.

Online course

Media online untuk belajar lain yang perlu coba, yaitu online course. Sekarang sudah banyak sekali penyedia online course dengan berbagai topik termasuk juga bisnis. Biasanya setelah Anda menyelesaikan suatu materi, Anda akan mendapatkan sertifikat sebagai tanda Anda menguasai topik tertentu.

Baca juga : 10 Situs Belajar Online Untuk Upgrade Ilmu & Skillmu

Selain ada berbagai macam jenis pelatihan yang ditawarkan, belajar menggunakan online course membuat Anda lebih paham, karena belajar yang Anda lakukan seperti perjalanan atau sering disebut sebagai learning journey, Anda akan diberikan pendahuluannya terlebih dahulu baru ke level praktik atau skill test.

Biasanya online course dalam satu video memiliki durasi kurang lebih 5-12 menit tergantung materi apa yang disampaikan. Jangan khawatir selama Anda menonton video di online course, pemateri atau pengajarnya sudah memiliki pengalaman dan kredibel di bidang tersebut.

Audiobook

Mungkin sebagian besar dari Anda masih cukup asing dengan media online yang satu ini. Audiobook saat ini sudah digemari oleh sebagian besar orang yang karena ingin beralih dari buku fisik ke bentuk digital. Sama seperti podcast, audiobook menggunakan suara sebagai medianya.

Audiobook sendiri merupakan sebuah aplikasi yang dapat diunduh melalui Apps Store, seperti Audiobooks Treasury dan Gramedia Digital. Aplikasi ini gratis, namun untuk menikmati koleksi buku di dalamnya Anda perlu membelinya.

Baca juga : 5 Situs Pilihan Berburu Audiobook Gratisan

Keuntungan menggunakan audiobook sebagai media belajar, Anda bisa melakukan aktivitas lainnya, seperti memasak, jogging atau sedang pulang atau berangkat ke kantor. Selain itu, audiobook juga cukup praktis dan harga untuk berlangganan cukup murah dibandingkan membeli buku fisik aslinya.

Audiobook yang perlu Anda dengan dan sangat cukup direkomendasikan sebagai pelaku bisnis, yaitu The Personal MBA Master the Art of Business karya Josh Kaufman seorang mentor bisnis. Buku ini cukup menarik, Anda tidak perlu kuliah master bisnis selama 2 tahun, karena buku ini ngerangkum itu semua.

Adanya digitalisasi seperti sekarang ini, sangat membantu untuk belajar apapun, termasuk juga belajar tentang bisnis. Jangan lupa untuk mencatat setiap poin penting yang Anda dengar atau dilihat untuk bisa dapatkan insight apa yang perlu lakukan untuk bisnis Anda supaya bisa lebih berkembang. Tulis di kolom komentar dibawah ini media online apa yang sering Anda gunakan.