4 Kiat Sukses Bisnis ala CEO Amazon Jeff Bezos

-

Kalau Anda pernah atau sering berbelanja barang-barang dari luar negeri, tentunya sudah tidak asing lagi dengan Amazon, bukan? Siapa sangka direktur utama atau CEO sekaligus pendiri dari e-commerce tersebut masuk ke dalam daftar nama salah satu orang terkaya di dunia, yaitu Jeff Bezos.

Baca juga : 4 Cara Memulai Bisnis F&B

Berkat kepiawaiannya dalam berbisnis Jeff Bezos berhasil membuat Amazon dikenal oleh banyak orang, padahal dulunya dia mengembangkan e-commerce ini di garasi rumahnya untuk membeli buku secara online. Sekarang, Amazon sudah berhasil mempekerjakan ribuan karyawan di Amerika Serikat dan seluruh kebutuhan dari A-Z tersedia.

Berakat kesuksesannya mengembangkan produk yang terbesar di dunia yang setara dengan e-commerce dari China, yaitu Alibaba, sampai hari ini Jeff Bezos memiliki kekayaan kurang lebih US$ 165 miliar dan valuasi dari Amazon itu sendiri sudah mencapai US$ 900 miliar atau setara dengan 12.843 triliun rupiah.

Baca juga : 5 Cara Berbisnis ala CEO Alibaba Jack Ma

Saat dinobatkan menjadi situs e-commerce terbesar, mempekerjakan ribuan karyawan dan memiliki kekayaan yang fantastis, membuat orang bertanya apa rahasia dibalik kesuksesan Jeff Bezos. Saat diundang wawancara untuk mengisi talk show di Business Insider, dia memberikan 4 kiat sukses dalam berbisnis, diantaranya berikut ini.

Jangan Khawatir dengan Uangnya

Saat membangun sebuah bisnis, tentunya Anda ingin mencari keuntungan, bukan? Dengan memperoleh banyak keuntungan, bisnis yang dijalankan dapat berkembang dan maju. Tapi, menurut Jeff Bezos hal tersebut bukanlah prioritas bagi seorang pebisnis, fokus pada pelanggan akan lebih penting dibandingkan tujuan mencari keuntungan.

Baca juga : 6 Keuntungan Menjalankan Bisnis Sendiri

Terkadang terlalu fokus untuk mencari keuntungan, seorang pebisnis lupa akan kebutuhan pelanggan. Salah satu yang perlu Anda lakukan adalah dengan fokus mengembangkan produk dan membangun kepercayaan, dengan cara tersebut secara tidak langsung produk Anda lebih dikenal dan diterima oleh pelanggan.

Dapat disederhanakan, apabila ingin menjadi pebisnis yang sukses, terlebih dahulu Anda harus mengubah mindset tentang uang atau keuntungan dan Anda perlu lebih memperhatikan kebutuhan pelanggan. Dijamin, dengan membangun mindset tersebut keuntungan mudah Anda dapatkan karena kepercayaan pelanggan adalah salah satu kunci dari sebuah bisnis.

Lupakan Hasilnya dan Fokus pada Masukan

Selajan dengan sebelumnya, pada wawancara tersebut Jeff Bezos mengatakan tidak peduli dengan keuntungan yang didapat, tapi dia lebih peduli dengan masukan dari timnya apa yang perlu dikembangkan lagi. Menurutnya, mencoba inovasi yang baru di sebuah bisnis adalah sebuah keuntungan.

Baca juga : Bagaimana Cara Fokus ke Bisnis agar Cepat Berkembang

Tentunya masukan yang didapat perlu diskusikan ulang oleh tim nya, butuh waktu yang cukup lama untuk membuat formula agar produk yang dibuat dapat diterima masyarakat. Trial and error dan user testing sudah menjadi bagian dalam sebuah inovasi bisnis, karena dengan itu bisnis tersebut memiliki prospek untuk maju.

Jeff Bezos selalu berfokus kepada pertumbuhan dan masukan tanpa melihat hasilnya. Dia tidak akan ragu untuk terus bertumbuh meskipun hasil yang dituju masih terlihat jauh. Pada dasarnya, apapun yang dapat dikerjakan sekarang lakukan dengan maksimal, seperti pepatah mengatakan kalau hasil tidak akan mengkhianati mengkhianati proses.

Jadilah Pemimpin, Bukan hanya Penentu

Suatu hal yang sulit saat menjadi pemimpin di sebuah perusahaan atau bisnis, seseorang akan terjebak pada learder syndrom. Dimana suatu keadaan yang membuat pemimpin tersebut tidak dapat menerima masukan dari bawahannya dan akan berdampak pada pilihan kebijakan yang membuat rugi perusahaan.

Baca juga : 14 Karakter Pemimpin untuk Perkembangan Bisnis

Ketika Jeff Bezos mendapatkan ide-ide menarik dari timnya, namun dia memikirkan kembali ide tersebut dan mempertanyakannya, apakah ini sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Menurutnya, ide yang menarik belum tentu tepat untuk produknya dan Jeff Bezos memberikan penjelasan secara lengkap alasan kenapa menolaknya.

Ketika dihadapkan oleh berbagai masukan, disinilah peran sebagai pemimpin untuk dapat menjelaskan apa yang kurang tepat dari ide tersebut. Berpikir secara runtut dan sistematis dan dapat memperhitungkan risiko bisnis kedepan adalah salah satu kiat sukses bisnis menurut Jeff Bezos CEO Amazon.

Tetap Rendah Hati

Rendah hati adalah kunci sukses yang terakhir menurut Jeff Bezos, walaupun Amazon memiliki valuasi sudah mencapai ratusan triliun, Jeff Bezos tetap berpikir kalau produknya selalu masih ada yang kurang dan perlu di kembangkan. Dengan memiliki pikiran merasa kurang, kita sebagai pebisnis akan terus mencari jalan keluar untuk menjawab kebutuhan pelanggan.

Baca juga :  Rendah Hati Tetap Penting untuk Seorang Pengusaha

Selain itu, Jeff Bezos juga tidak pernah merasa bahwa produk yang dibangun selama belasan tahun tersebut menjadi sebuah masterpiece atau produk e-commerce terkeren di dunia. Karena, sebuah produk dapat dikatakan baik itu tergantung pada bagaimana pengalaman pengguna, hanya pengguna yang berhak memberikan penilaian tersebut.

Karena Jeff Bezos dan timnya hanya bisa melakukan melakukan sebuah inovasi yang terbaru secara terus menerus dan lebih mendengarkan masukan dari timnya untuk membuat produk yang menjawab kebutuhan masyarakat.

Seperti tagline internal Amazon benar-benar diterapkan dibawah kepemimpinan Jeff Bezos, yaitu Work Hard. Have Fun. Make History. Hal tersebut yang menjadi kunci kesuksesan dia bersama timnya.

Berikut tadi beberapa kiat sukses bisnis Ala CEO Amazon Jeff Bezos, kalau diperhatikan setiap poinnya, Anda akan melihat satu pola yang sama, yaitu fokus pada pelanggan. Karena tanpa pelanggan segala bentuk bisnis apapun tidak akan berjalan.

Dari salah satu kiat sukses tersebut, mana yang sudah dilakukan untuk bisnis Anda, tulis di kolom komentar dibawah ini ya!