4 Kegiatan Lebaran yang Pasti Dilakukan

-

Hari raya idul fitri atau lebaran selalu dinantikan oleh umat muslim di seluruh dunia, karena lebaran merupakan hari kemenangan dari melawan hawa nafsu selama 30 hari kebelakang. Maka dari itu, lebaran patut dirayakan bersama untuk hal yang menyenangkan dan juga ada beberapa kegiatan yang perlu dilakukan.

Baca juga : 3 Contoh Kegiatan Produktif saat Ramadhan

Bagi umat muslim khususnya di Indonesia untuk menyambut lebaran atau idul fitri biasanya memiliki berbagai macam kegiatan, baik itu yang dilakukan sendiri maupun bersama. Kegiatan tersebut pada umumnya dilakukan setiap tahun dan bahkan sudah menjadi tradisi di Indonesia.

Tradisi hari raya untuk menyambut lebaran berbeda-beda setiap daerah, namun ada beberapa tradisi yang umumnya dilakukan dan hampir setiap daerah melakukan kegiatan yang sama. Melansir dari Liputan6.com berikut ini beberapa kegiatan lebaran yang pasti dilakukan.

Silaturahmi

Silaturahmi atau sering disebut juga sebagai halal bi halal adalah sebuah agenda wajib yang dilakukan oleh umat muslim setelah melaksanakan sholat ied bersama. Saat ini dengan kemajuan teknologi dan internet silaturahmi dapat melalui virtual atau video call. Namun, bagi sebagian besar orang silaturahmi akan lebih afdol apabila bertatapan muka secara langsung.

Momentum silaturahmi menjadi waktu yang tepat untuk saling bermaaf-maafan kepada keluarga, tetangga, orang terdekat atau juga kerabat. Mereka akan menyambangi rumah ke rumah untuk silaturahmi dan meminta maaf atas kesalahan yang pernah dibuat atau sekadar makan bersama.

Baca juga :  4 Desain Amplop Lebaran yang Kekinian

Silaturahmi sendiri dapat dikatakan sebuah tradisi yang sangat melekat sekali di Indonesia, bahkan di antara kita tidak tahu awal mula tradisi ini muncul. Biasanya pada saat silaturahmi atau halal bi halal ke rumah orang-orang terdekat, sebagian besar dari mereka yang sudah bekerja akan memberikan sedikit rejekinya atau THR ke anak-anak.

Bikin ketupat

Lebaran dan makanan yang satu ini menjadi dua hal yang tidak terpisahkan. Makanan khas lebaran ini biasanya disajikan bersama opor, rendang, semur dan lain sebagainya. Makanan yang disantap selesai sholat ied atau saat silaturahmi dengan keluarga tidak boleh ketinggalan saat lebaran.

Baca juga : 3 Hidangan Lebaran yang Tidak Boleh Ketinggalan

Kegiatan bikin ketupat umum sekali dilakukan oleh masyarakat muslim di Indonesia, walaupun sekarang ini kita sudah bisa dapat dengan mudah membeli ketupat yang sudah jadi. Tapi, membuat ketupat bersama keluarga memberikan sensasi tersendiri untuk merayakan hari idul fitri.

Ketika membuat ketupat bersama keluarga, makanan ini akan menjadi sebuah sajian yang sangat istimewa, sebab akan ada cerita ketika menyantapnya bersama keluarga. Kurang lengkap rasanya apabila dirumah Anda tidak ada ketupat di meja makan, karena ketupat menjadi sajian khas yang pas disantap ketika momen menyambut hari kemenangan.

Belanja

Tentunya kegiatan yang satu ini tidak bisa dilewatkan oleh sebagian besar orang, Anda sendiri atau keluarga biasanya melakukan hal ini ketika menjelang lebaran. Belanja menjadi suatu kegiatan yang hampir pasti dilakukan, entah itu belanja baju baru, makanan seperti kue kering, bingkisan atau parcel.

Baca juga : 5 Aneka Kue Kering saat Lebaran

Selain untuk memenuhi kebutuhan tersebut, belanja saat lebaran sangat sering dilakukan karena beberapa toko atau e-commerce melakukan diskon besar-besaran. Hal ini membuat sebagian besar orang, mungkin juga termasuk Anda berburu diskon lebaran.

Pada umumnya seseorang ketika berbelanja ingin membeli baju baru, karena membeli baju baru saat lebaran menjadi salah satu tradisi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Walaupun hanya sebagai simbol atau tradisi, membeli baju menjadi momen yang tidak boleh terlewatkan untuk menyambut hari lebaran setiap tahunnya.

Ziarah ke makam

Kegiatan terakhir yang umumnya dilakukan ketika lebaran, yaitu ziarah. Walaupun 1 minggu sebelum ramadhan tiba sudah ziarah ke makam, ketika lebaran tiba kegiatan ini juga biasanya dilakukan. Ziarah atau nyekar bagi masyarakat Indonesia merupakan hal yang wajib dilakukan selepas sholat ied atau di hari lebaran pertama.

Baca juga : 4 Hikmah Ramadhan Buat Jadi Pelajaran

Hampir di seluruh daerah Indonesia melakukan kegiatan ini setiap tahunnya, baik itu di daerah perkotaan seperti Jakarta atau daerah-daerah terpencil lainnya. Selain memanjatkan doa untuk keluarga yang sudah meninggal, kegiatan ini akan mengingatkan kepada kita untuk lebih baik kepada sesama karena hidup hanya sementara.

Walaupun kegiatan atau tradisi di setiap daerah berbeda-beda, berikut tadi merupakan kegiatan yang umumnya dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Apapun kegiatannya yang paling penting untuk menyambut hari yang fitri kita terus dapat hidup lebih baik setiap harinya. Tulis di kolom komentar dibawah ini, kegiatan apa yang menjadi favorit Anda bersama keluarga!