4 Camilan Diet saat Ramadhan

-

Menurunkan berat badan memang bukan persoalan yang mudah, sudah melakukan berbagai macam cara tapi tidak ada yang efektif dan hasilnya sama saja. Sekarang, Anda bisa coba memanfaatkan momentum ramadhan ini untuk menurunkan berat badan dengan mengonsumsi camilan yang pas untuk dimakan saat bulan puasa.

Selepas buka puasa dengan hidangan yang berat, ngemil camilan menjadi kebiasaan sebagian besar orang untuk mengisi waktunya saat malam hari. Biasanya beberapa dari mereka tidak memperhatikan kandungan atau nutrisi didalamnya, apabila memiliki program diet justru target akan menjadi berantakan atau malah gagal.

Maka dari itu penting sekali untuk Anda memperhatikan jenis makanan, porsi, dan tentunya kandungan gizi di makanan tersebut. Agar momentum ramadhan ini berat badan Anda bisa turun dan tubuh Anda bisa lebih sehat.

Baca juga : 4 Camilan Sehat untuk Buka Puasa

Melansir dari tirto.id terdapat beberapa camilan yang perlu Anda coba untuk menurunkan berat badan dan tentunya sehat untuk dikonsumsi baik itu malam hari atau saat buka puasa bersama keluarga.

Popcorn

Semua orang pasti mengenal popcorn bukan? makanan yang berbahan dasar dari jagung ini dapat dikategorikan sebagai camilan yang dapat menurunkan berat badan atau diet.

Menurut Shilpa Arora seorang ahli nutrisi dan kesehatan makrobiotik mengungkapkan bahwa popcorn adalah camilan sehat yang bagus untuk penderita diabetes dan untuk orang-orang yang ingin menurunkan berat badan. Karena popcorn memiliki kandungan serat yang dapat memperlambat metabolisme karbohidrat menjadi gula sehingga dapat menurunkan respon insulin.

Jadi, camilan yang satu ini cocok sekali untuk Anda yang memiliki masalah dengan berat badan atau sedang melakukan program diet untuk dikonsumsi saat ramadhan. Tapi, pastikan popcorn yang Anda buat atau beli bebas dari gula dan garam yang berlebih, untuk menambahkan cita rasa lain Anda bisa coba campurkan rempah-rempah agar cita rasanya lebih gurih.

Keju cottage

Camilan ini terkenal dengan tekstur yang lembut dan rasa yang sedikit asam namun segar. Karena terbuat dari fermentasi susu tentunya keju cottage memiliki banyak kandungan nutrisi didalamnya, salah satu yang paling penting, yaitu banyaknya protein. Kandungan ini sangat dibutuhkan oleh tubuh terlebih saat-saat bulan ramadhan dan cocok untuk Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan.

Menurut ahli gizi Regina Ragone dari New York menyebut keju cottage menjadi camilan yang kandungan nutrisinya cukup banyak, selain protein terdapat juga vitamin dan mineral lainnya seperti B12, selenium dan riboflavin. Kandungan tersebut baik untuk tulang dan juga dapat mengurangi risiko diabetes dan penyakit kardiovaskular (jantung).

Terlepas dari banyaknya kandungan nutrisi didalamnya, camilan ini proses pembuatannya pun sangat mudah dan Anda dapat membuatnya sendiri dirumah. Bahan yang Anda perlukan seperti susu segar dan lemon atau cuka dapur, keduanya dicampur dan masukan ke dalam lemari pendingin. Setiap harinya Anda ngemil ini dijamin penurunan berat tubuh Anda akan jauh lebih signifikan.

Buah-buahan

Camilan yang satu ini sudah tidak diragukan lagi khasiatnya, beberapa orang telah membuktikan kalau mengonsumsi buah-buahan dapat menurunkan berat badan. Hampir semua jenis buah bisa Anda jadikan camilan, seperti semangka, nanas, melon, dan mangga.

Sebelum mengonsumsinya buah-buah tersebut perlu Anda potong seperti dadu, lalu apabila ingin menambahkan varian rasa lain Anda bisa coba campuran sedikit kental manis atau yogurt. Menurut penelitian ahli nutrisi dari Universitas Berkeley menyebutkan mengonsumsi buah tanpa proses lebih lanjut dapat menjaga nutrisi di dalamnya.

Potongan buah yang dikonsumsi secara langsung dapat mempertahankan kandungan serat dan nutrisi di dalamnya dan ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan. Apabila Anda mengonsumsi camilan ini selama puasa manfaat lain yang Anda dapat, yaitu tubuh Anda akan jauh lebih sehat.

Kacang almond

Camilan diet terakhir yang perlu Anda coba saat ramadhan, yaitu kacang almond. Camilan jenis ini memang tidak mudah ditemukan seperti jenis kacang pada umumnya. Namun, Anda bisa dapatkan ini di pasar swalayan atau toko online lainnya. Banyak diantara dari mereka memutuskan untuk mengonsumsi ini sebagai ‘obat’ diet sekaligus camilan dikala waktu santai.

Melansir dari laman Medical News Today kandungan di kacang almond memiliki berbagai macam manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti vitamin E, protein, dan juga menurunkan kadar kolesterol. Itulah sebabnya mengapa kacang almond ini menjadi camilan yang cocok untuk seseorang yang sedang ingin menurunkan berat badannya atau diet.

Karena memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan kaya akan serat, kacang almond ini mampu mengurangi rasa lapar atau dapat membuat kenyang lebih lama. Tepat sekali bukan apabila Anda memilih kacang almond ini sebagai camilan disaat bulan ramadhan.

Nah berikut tadi merupakan beberapa camilan diet yang pas untuk Anda santap saat bulan ramadhan, manfaat dari camilan tadi bukan main-main, loh. Sudah terbukti dan diuji secara valid oleh pakar pakar nutrisi ternama. Dari beberapa camilan tadi mana yang menjadi favorit Anda? Tulis di kolom komentar dibawah ini ya!