4 Bisnis Milenial yang Sangat Potensial

-

Sekarang siapapun dapat membangun bisnisnya sendiri, tidak perlu memikirkan modal yang banyak atau seberapa lama pengalaman dalam bidang bisnis tersebut. Asalkan punya tekad yang bulat, mengetahui target pasar yang dituju dan pengetahuan yang cukup dipastikan bisnis yang sedang dibangun dapat berkembang.

Berkaca dari pendiri perusahaan kelas dunia seperti Mark Zuckerberg dan Elon Musk yang memulai bisnis dari sejak masa kuliah dan hanya dari garasi rumah, mereka mampu menjadi technopreneur sukses yang menginspirasi, dikagumi dan panutan bagi sebagian besar orang yang ingin memulai bisnis.

Baca juga : Technopreneur, Kombinasi Teknologi dan Entrepreneur

Semenjak teknologi internet berkembang sangat cepat, segala apapun dapat dilakukan. Mulai dari berbelanja, belajar dan bekerja. Hal tersebut membuat seorang pebisnis mampu melihatnya sebagai peluang besar untuk bisnisnya memperoleh keuntungan dan bahkan tidak perlu mengeluarkan modal yang terlalu banyak.

Ketika bicara tentang teknologi tentunya melekat dengan satu generasi, yaitu milenial. Saat ini bisnis dan teknologi sedang berkembang dan ramai di perbincangkan. Melansir dari Liputan Bisnis berikut ini beberapa bisnis yang erat dan cocok sekali untuk kaum milenial yang sangat potensial untuk dikembangkan.

Affiliate Marketing

Sebagian besar dari Anda masih asing dan bahkan tidak pernah mendengar istilah bisnis ini, bukan? affiliate marketing ini merupakan orang yang membantu mempromosikan sebuah produk atau jasa milik orang lain atau perusahaan.

Baca juga : Panduan Lengkap Affiliate Marketing + Tips Sukses

Pada umumnya seorang affiliate marketing tugasnya mengulas produk yang ditawarkan melalui tulisan maupun video yang diunggah di media sosial mereka ataupun media sosial brand yang bersangkutan. Kurang lebih, bisnis ini seperti memberikan testimoni menarik untuk mengikat pelanggan lain.

Bisnis ini terbilang cukup mudah dan modal yang dibutuhkan tidak terlalu banyak, hanya saja Anda perlu membangun atau memiliki koneksi ke pemilik produk. Terlebih jika produk yang Anda ulas mendapatkan engagement atau traffic penjualan yang sangat tinggi, nantinya Anda bisa mendapatkan uang komisi dari hasil promosi tersebut.

Social Media Management

Sejak perkembangan teknologi internet yang semakin pesat, media sosial sekarang sudah banyak berubah. Mungkin sebelumnya hanya digunakan untuk mengunggah keseharian, perjalanan, tempat makan dan musik favorit. Tapi, sekarang media sosial dapat menjadi peluang bisnis yang dapat mendatangkan keuntungan.

Hampir setiap generasi atau kaum milenial memiliki berbagai macam akun media sosial, seperti Facebook, Instagram dan juga Twitter. Ternyata akun tersebut dapat Anda jadikan sebuah peluang bisnis baru yang sangat potensial jika Anda dapat mengelolanya dengan kreatif.

Baca juga : Apa itu Influencer Marketing?

Karena beberapa bisnis atau perusahaan kecil dan besar tentunya membutuhkan seorang yang bisa mengelola dan menangani media sosial mereka untuk kebutuhan branding dan juga marketing. Selain itu, sekarang beberapa influencer atau selebgram membutuhkan seseorang untuk mengelola akun mereka.

Toko Online

Saat ini sudah banyak sekali kaum milenial yang mencoba peruntungan dengan membuka bisnis online shop, biasanya barang atau produk yang dijual berbagai macam. Ada yang menjual barang dari hasil hunting dari pasar loak atau pasar bekas dan menjual barang mereka yang sudah tidak terpakai lagi.

Baca juga : 5 Trend Bisnis Online Potensial saat Masa New Normal

Menjual barang secara online yang sudah tidak terpakai atau bekas sering dikenal sebagai thrift shop. Pada dasarnya, bisnis ini Anda tidak perlu modal uang yang banyak, hanya saja perlu melihat barang mana yang menjadi target pasar Anda dan juga perlu mengkurasi barang-barang yang ingin dijual.

Baca juga : 5 Tips Buat Kamu yang Gemar Thrift Shopping agar Memuaskan

Ketika Anda menjual barang bekas atau thrift shop yang perlu diperhatikan adalah harganya. Tentunya barang yang Anda jual harus lebih murah dibandingkan dengan harga barunya, kecuali barang tersebut langka dan limited edition. Selain itu, Anda juga bisa branding toko online dengan menjual barang-barang vintage agar lebih diingat oleh pelanggan.

Designer


Apakah memiliki keahlian teknis seperti menggambar dan mengerti apa yang dibutuhkan pelanggan? Jika iya, bisnis yang satu ini perlu Anda coba. Semakin berkembangnya tech company di Indonesia, perusahan tersebut membutuhkan seorang desain grafis untuk produk aplikasi mereka, posisi tersebut sering disebut juga sebagai UI/UX Designer.

Baca juga : Apa Itu UI dan UX?

Karena cangkupan desainer sangat luas, Anda juga bisa menawarkan keahlian atau kemampuan lain yang berkaitan dengan desain, seperti membuat logo dan juga flayer. Bisnis menawarkan jasa desain ini Anda bisa lakukan dimana saja, cukup bermodalkan laptop dan aplikasi editing seperti Photoshop atau Adobe Illustrator dan software pendukung lainnya.

Menjadi seorang desainer memiliki waktu yang nya cukup fleksibel, Anda bisa mengerjakan proyek yang Anda terima dimana saja dan kapan saja, tapi sesuaikan dengan batas waktu yang diberikan. Selain itu, bisnis ini juga cocok untuk mereka yang sudah bekerja, Anda bisa mengerjakan setelah jam kantor atau saat weekend.

Nah berikut tadi beberapa bisnis milenial yang sangat potensial untuk dikembangkan, jangan khawatir dengan modal uang yang dibutuhkan, karena dari kelima bisnis tersebut salah satunya hanya membutuhkan koneksi internet dan keahlian dalam kreativitas. Jika ada salah satu bisnis diatas yang sedang Anda jalani, tulis di kolom komentar dibawah ini ya!