3 Usaha Bisnis yang Makin Eksis

-

Bisnis kuliner sangat berkembang di Indonesia, seakan bisnis makanan dan minuman atau sering disebut F&B tidak ada matinya. Bahkan, saat ini semakin banyak berbagai restoran yang menyajikan menu makanan yang berbeda dari sebelumnya.

Melansir data yang diolah oleh Parama Indonesia, lembaga yang membantu perusahaan startup berkembang, menyatakan bahwa sektor kuliner Indonesia tumbuh rata-rata hingga 14% per tahun dalam lima tahun terakhir.

Baca juga : Perkembangan Kuliner di Era Digitalisasi

Salah satu bisnis kuliner yang terus bermunculan, yaitu kafe dan restoran. Hal ini sesuai dengan hasil riset dari Qraved.com situs pencarian restoran terkemuka di Jakarta, dimana semakin banyak masyarakat Indonesia yang memiliki kebiasaan makan di restoran.

Kebiasaan masyarakat makan di restoran dan menu apa saja yang menjadi favorit mereka, para pelaku bisnis melihat hal tersebut sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Sehingga, hal tersebut menjadi patokan atau tolak ukur ketika ingin membangun bisnis F&B yang diminati oleh masyarakat.

Baca juga : 4 Cara Memulai Bisnis F&B

Beberapa bisnis F&B yang muncul terkadang tidak sesuai dengan target pasar yang disasar, akibatnya bisnis tersebut tidak bertahan dengan lama. Pada artikel ini Anda akan diajak mengenal usaha bisnis apa saja yang saat ini semakin diminati oleh pelanggan dan semakin eksis.

Eksisnya bisnis F&B saat ini menurut Ketua Umum Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO), Budihardjo, masyarakat saat ini trennya, rapat di toko makan seperti kafe dan juga restoran.

Senada juga hasil berita yang dihimpun dari Money Kompas.com, bisnis di Indonesia yang akan stabil dari tahun ketahun, yaitu bisnis F&B. Berikut beberapa bisnis F&B yang nantinya akan terus stabil dan juga berkembang.

Kedai kopi

Bicara tentang kopi mungkin sebagian dari Anda tidak menyangka kalau bisnis ini menjadi bisnis yang menjadi trend beberapa tahun kebelakang hingga saat ini. Bermula dari sebuah film pada tahun 2017 yang menceritakan esensi dari kopi yang bermuara dari hulu (petani) sampai ke hilir (penikmat) menyajikan makna kopi lebih dalam.

Tidak dipungkiri dari film tersebut memberikan dampak yang cukup baik bagi kopi di Indonesia. Film tersebut menjadikan kopi salah satu komoditas yang cukup baik, selain itu mulai bermunculan kedai-kedai kopi,mulai dari skala besar atau kedai kopi pinggir jalan.

Baca juga : Bisnis Kopi Bikin Untung Tiap Hari

Kedai kopi sudah mudah ditemukan dimana-mana dan untuk harga satu cangkir cukup murah, Anda cukup membayar 15-35 ribu rupiah sudah mendapatkan nikmatnya kopi. Selain harga yang ditawarkan mudah kopi juga cocok untuk menemani hari-hari Anda, seperti santai di weekend atau menemani saat lembur bekerja.

Baca juga : 6 Cara Memulai Bisnis Kopi Bagi Pemula, Kepoin Yuk!

Mungkin dulu Anda membayangkan kalau kopi itu rasanya pahit sekali, namun saat ini untuk mengikuti permintaan pasar (pelanggan) kopi sudah bertransformasi dengan berbagai macam jenis rasa seperti latte, capucino, white late. Adanya berbagai macam jenis kopi baru tersebut, untuk penikmat kopi pahit seperti espresso masih tetap banyak digemari sampai saat ini.

Baca juga : Bagaimana Aplikasi Kasir Online KAWN Dapat Mendukung Bisnis Kedai Kopi Anda?

Beberapa hal tersebut merupakan alasan kenapa bisnis kedai kopi sampai saat ini dan beberapa tahun kedepan akan terus mengalami peningkatan. Selain itu kopi juga cocok untuk menemani waktu untuk nongkrong atau bersantai ketika melakukan aktivitas, mungkin bisnis kedai kopi menjadi salah satu pilihan ada untuk membuat bisnis.

Makanan sehat

Memiliki pola hidup yang sehat menjadi dambaan setiap orang. Sebagai seorang karyawan atau pebisnis dengan aktivitas yang cukup padat membuat seseorang luput dengan kesehatan. Ada berbagai macam cara agar memiliki pola hidup yang sehat salah satunya, yaitu dengan konsumsi makanan sehat.

Baca juga : Ini Makanan Sehat yang Perlu Dikonsumsi Setiap Hari

Padatnya aktivitas sehari-hari membuat seorang karyawan atau pebisnis tidak memiliki cukup waktu dan kesulitan untuk gimana mencari dan bahkan membuat makanan sehat. Berdasarkan hal tersebut, Anda dapat menangkap sebuah peluang untuk membuat makanan sehat untuk mereka yang tidak memiliki waktu luang.

Baca juga : Mengelola Bisnis Jadi Lebih Mudah Dengan Point-of-Sale dari KAWN!

Memiliki bisnis makanan sehat memiliki peluang yang cukup menjanjikan, melansir berita dari detik.com bisnis makanan sehat mampu meraup keuntungan hingga ratusan juta. Memiliki omset hingga ratusan juta tentunya harus diimbangi dengan modal awal yang perlu Anda punya. Karena bahan baku untuk membuat makanan sehat mahal, Anda bisa membuat jasa katering dengan menerapkan sistem pre order.

Ada berbagai macam jenis bahan baku untuk makanan sehat yang mudah dibuat dan mudah ditemukan, seperti snack sehat yang bahan bakunya menggunakan kacang almond, kacang mete, granola, dan buah kering lainnya. Selain itu, Anda juga bisa membuat variasi makanan raw food yang terdiri dari potongan wortel, selada, dan juga kentang rebus.

Karena setiap orang ingin sehat, tentunya makanan sehat seperti ini menjadi salah satu makanan yang cukup dicari. Maka dari itu bisnis makanan sehat ini tetap digemari walaupun harganya tinggi.

Ayam pedas

Menu ayam pedas memiliki khas tersendiri bagi beberapa orang karena membuat selera makan menjadi bertambah. Saat ini sudah banyak menu ayam pedas yang ditawarkan seperti ayam penyet, ayam geprek, dan masih banyak lagi.

Ayam pedas juga sudah banyak dijual di beberapa empat sehingga bagai yang ingin menikmati mudah ditemukan. Bisnis dengan menu ayam pedas sangat menguntungkan terlebih peluang usaha ayam pedas ini begitu menggiurkan, bahkan salah satu artis Indonesia membuat bisnis ayam pedas.

Menu makanan berbahan dasar daging ayam ini sangat disukai masyarakat dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa.

Banyak kalangan yang suka dengan menu ayam pedas, sehingga keuntungan untuk menjalankan bisnis ini sangat bagus untuk prospek jangka panjang. Saat Anda ingin membuka ayam pedas Anda perlu memperhatikan pembeda dari jenis ayam pedas yang lain agar menjadi branding untuk bisnis Anda.

Baca juga : KAWN Aplikasi Kasir Online Pendamping Bisnis F&B, Hadir untuk Anda!

Nah itu beberapa bisnis yang saat ini masih berkembang di dunia F&B atau sedang eksis. Apabila saat ini Anda berencana untuk membuat bisnis tapi bingung bisnis apa yang ingin dijalankan, Anda bisa coba salah satu bisnis tersebut dan rencanakan dengan baik bisnis yang Anda jalankan kedepannya.

Baca juga : Sistem POS (Point of Sale) yang Perlu Diketahui

Agar bisnis F&B yang ingin atau sedang Anda jalankan dapat terencana dengan baik, Anda perlu pendamping berupa kasir online dari KAWN. Di aplikasi KAWN terdapat fitur seperti melihat jumlah transaksi, kelola multi outlet, dan juga tampilan promo.

Tampilan tersebut tentunya dapat membantu kebutuhan bisnis F&B Anda semakin berkembang. Apabila Anda masih ragu dan penasaran aplikasinya seperti apa, Anda bisa download di sini dan Anda akan mendapatkan secara gratis selama 30 hari.