3 Tips Memulai Usaha F&B dengan Modal Kecil

-

Bisnis F&B saat ini menjadi salah satu bisnis yang sedang mengalami peningkatan yang cukup signifikan, tidak heran apabila Anda pergi ke suatu tempat baik itu di kota besar atau kota kecil, Anda akan menemukan restoran kecil atau kedai kopi di pinggir jalanan.

Hal itu dikarenakan memiliki bisnis F&B hampir menjadi sebuah impian bagi kebanyakan orang, mungkin saja termasuk Anda. Beberapa dari mereka yang ingin memiliki bisnis F&B saat ingin memulainya tidak jarang terhambat oleh modal awal yang dimiliki.

Baca juga : 4 Cara Memulai Bisnis F&B

Modal menjadi salah satu elemen terpenting dalam menjalankan sebuah bisnis, sama halnya seperti kendaraan yang butuh bensin agar tetap berjalan. Modal juga dapat diumpamakan sebagai bensin agar kendaraan (bisnis) tersebut dapat berjalan.

Apabila Anda memiliki ketertarikan untuk memulai bisnis F&B namun memiliki modal yang kecil, berikut beberapa tips yang perlu Anda lakukan agar bisnis F&B yang kamu impikan dapat berjalan.

Mencari inkubator

Inkubator bisnis sendiri merupakan sebuah perusahaan yang memberikan program pembinaan untuk pelaku bisnis kecil atau UMKM yang sedang masa tahap awal. Program tersebut yang didapatkan oleh para pelaku bisnis, yaitu mendapatkan mentoring tentang bisnis secara rutin.

Selain mendapatkan mentoring, inkubator bisnis akan memberikan modal awal. Namun, tidak semua bisnis akan diberikan dana oleh sang inkubator, ada beberapa kriteria terpenuhi agar mendapatkan suntikan dana tersebut, misalnya memiliki konsep menu makanan yang unik.

Beberapa tahun kebelakang inkubator bisnis sedang berkembang di Indonesia, mulai dari perusahaan luar negeri sampai perusahaan dalam negeri berani menyuntikan dana awal dengan nominal puluhan juta hingga ratusan juta ke bisnis rintisan.

Apabila Anda tertarik dengan program pembinaan yang dilakukan oleh inkubator, Anda bisa lihat disini inkubator apa saja yang ingin menyuntikan dana segar untuk modal awal bisnis F&B Anda.

Keluarga dan teman

Sebelum mencari inkubator bisnis, mungkin lingkungan terkecil Anda dapat membantu. Keluarga dan teman bisa menjadi modal awal Anda dalam memulai bisnis, terlebih sama-sama memiliki visi yang sama untuk membangun bisnis F&B yang membuat modal awal Anda mudah didapat.

Keluarga dan teman dengan memiliki value yang sama dalam mengembangkan bisnis F&B dapat dikatakan modal yang istimewa, selain mereka bisa memberikan modal awal dengan cepat kepada Anda, mereka juga bisa menjadi konsultan terkait rencana bisnis F&B Anda kedepannya.

Ketika bisnis F&B sudah terbentuk dengan bantuan mereka. Anda juga bisa tawarkan kepada teman dan keluarga Anda posisi yang sesuai keahlian mereka, seperti bagian marketing, finance, atau logistik.

Terlibatnya keluarga dan teman Anda sebagai karyawan tidak secara langsung dapat menekan biaya operasional karyawan dan juga merasakan serunya bagaimana sejarah awal membangun dan berkembang bersama bisnis F&B Anda.

Dana pemerintah

Setiap tahunnya pemerintah khususnya Kementerian Koperasi dan UMKM memberikan dana hibah kepada wirausaha pemula dalam upaya mendukung penciptaan lapangan kerja.

Kementerian Koperasi dan UMKM sendiri menyelenggarakan bantuan berupa hibah kepada 2.500 wirausaha pemula senilai 12.000.000 rupiah untuk masing-masing usaha. Dengan jumlah tersebut peluang untuk mendapatkan dana hibah dari pemerintah cukup besar.

Namun, untuk mendapatkan dana segar dari pemerintah Anda juga perlu pitching atau mengajukan ide bisnis F&B yang Anda tawarkan kepada pemerintah. Pada umumnya ide tersebut perlu dipresentasikan dan sebelumnya Anda perlu melakukan riset lebih dalam mengenai bisnis Anda yang akan jalankan.

Selain ide bisnis yang ditawarkan Anda juga memberikan rencana bisnis kedepan, Anda juga perlu membuat semacam ramalan atau prospek bisnis terkait risiko dan pendapatan. Apabila Anda tertarik untuk menggunakan dana pemerintah untuk tahap awal bisnis F&B Anda bisa cek ke website UKM Indonesia untuk informasi lebih lanjut.

Berikut tadi merupakan beberapa tips buat Anda untuk memulai bisnis F&B dengan modal yang kecil. Perlu diingat, ketika Anda mencari modal awal kepada investor (inkubator) dan pemerintah pastikan ide bisnis yang Anda tawarkan spesial dan memiliki ide konsep berbeda pada bisnis pada umumnya, selain itu ide bisnis yang Anda tawarkan mampu bertahan hingga 3 tahun kedepan.

Memperoleh ide bisnis terlebih bisnis F&B yang menarik, tentunya tidak cukup hanya 1 atau 2 hari saja. Anda perlu melakukan riset selama berminggu-minggu untuk mendapatkan ide bisnis yang unik yang sekiranya di masa yang akan datang bisnis Anda akan bertahan. Hal itulah yang menjadi salah satu penilaian apakah bisnis Anda mendapatkan suntikan dana atau tidak.

Nah, ketika sudah mendapatkan dana awal dan bisnis F&B Anda sudah berjalan, Anda perlu sebuah kasir online sebagai pelengkap dan juga mempermudah segala bentuk operasional transaksi karena dilengkapi fitur-fitur yang canggih. Anda bisa unduh aplikasi KAWN disini untuk menikmati pengalaman gratis selama 30 hari!