3 Persiapan Ramadhan yang Perlu Anda Lakukan

-

Bulan Ramadhan tinggal menghitung hari, pada tahun ini seluruh dunia termasuk Indonesia sedang dihadapi oleh wabah pandemi. Maka dari itu, perlu persiapan yang matang untuk menjalani bulan ramadhan agar tetap berjalan dengan lancar.

Baca juga : 5 Peluang Bisnis Saat Pandemi COVID-19

Menjalankan bulan ramadhan selama 30 hari kedepan ditengah wabah pandemi tidaklah mudah, masyarakat akan mengalami keterbatasan aktivitas sehari-harinya, seperti beribadah, berolahraga, mencari takjil, ataupun ingin sedekah.

Karena bulan ramadhan ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, melansir dari Kompas.com ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan dalam persiapan ramadhan.

Kesehatan

Sebuah kegiatan apapun yang dilakukan termasuk Ramadhan, kesehatan menjadi faktor penting untuk menjalankan aktivitas agar berjalan dengan lancar. Ditengah wabah pandemi sekarang ini, menjaga imunitas tubuh sangatlah penting untuk dilakukan.

Selama bulan ramadhan 30 hari kedepan, tubuh seorang manusia mudah mengalami penurunan daya tahan yang dikarenakan kekurangan cairan karena harus menahan makan dan minum sampai waktu magrib tiba.

Ada beberapa cara untuk meningkatkan imunitas tubuh manusia, seperti makan dan minum yang sehat ketika berbuka ataupun ketika sahur dan rajin berolahraga.

Walaupun saat ini di Indonesia khususnya di beberapa daerah sedang menjalankannya program PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) tidak menutup kemungkinan untuk tetap melakukan olahraga walaupun hanya di rumah.

Banyak jenis olahraga untuk menjaga fisik tetap prima, melansir dari berita healthline.com ada beberapa olahraga rumah yang perlu Anda coba seperti push up atau jogging di wilayah perumahan Anda.

Silaturahmi

Masyarakat pada umumnya sebelum memasuki bulan ramadhan, mereka mencoba ‘mensucikan’ diri dengan orang disekitar, seperti dengan pergi ke makam ke makam keluarga untuk mendoakan dan ada juga beberapa dari mereka datang ke rumah sanak saudara.

Menurut Dr. Army Cirbus seorang psikolog klinis yang dikutip dari Teen Vogue mengatakan bahwa dengan meminta maaf atas kesalahan yang pernah kita perbuat, hal tersebut akan berdampak positif bagi kesehatan mental seseorang.

Ketika kita meminta maaf kepada seseorang idealnya kita bertemu dan bersilaturahmi tatap muka secara langsung. Namun, disaat wabah pandemi sekarang ini pemerintah memberlakukan PSBB atau social distancing dengan tujuan untuk menghindari penyebaran virus yang lebih banyak. Tentunya ini akan menghambat aktivitas silaturahmi kita.

Namun, ditengah wabah pandemi sekarang ini kegiatan bertemu dengan orang lain tersebut dapat dikatakan mustahil. Sekarang, kita dapat melakukan silaturahmi dengan menggunakan teknologi virtual.

Adanya fitur video call pada smartphone akan membantu kita untuk tetap silaturahmi walaupun tidak tatap muka. Selain sehat secara fisik kita juga perlu sehat secara mental agar 30 hari kedepan menjalankan seluruh aktivitas ramadhan berjalan dengan lancar dengan hati yang tenang.

Membuka bisnis

Bulan Ramadhan memang bulan yang penuh berkah bagi mereka yang melihat ini sebagai sebuah peluang. Selain meningkatkan iman, di bulan ramadhan dapat menjadi peluang bisnis untuk memutar roda perekonomian dan mendapatkan keuntungan.

Maka dari itu tidak jarang ketika kita melihat beberapa orang menjajakan jajanan pinggir jalan. Uniknya, makanan atau minuman yang mereka tawarkan tidak biasanya ada pada bulan-bulan sebelumnya.

Pada bulan Ramadhan biasanya para pedagang makan menawarkan makanan dan minuman yang manis-manis seperti kolak atau lupis sebagai hidangan saat berbuka puasa.

Baca juga : 4 Cara Memulai Bisnis F&B

Membuka bisnis makan kecil-kecilan walaupun hanya dirumah juga dapat menjadi salah satu pertimbangan untuk persiapan bulan Ramadhan. Selain itu, keuntungan yang didapatkan juga bisa dibelikan baju lebaran.

Beberapa persiapan diatas bisa Anda coba untuk menjalan bulan Ramadhan ini agar penuh berkah. Apabila Anda tertarik untuk membuka bisnis, sekarang aplikasi kasir online KAWN memiliki  fitur-fitur yang mendukung bisnis Anda berkembang saat bulan ramadhan. Klik disini untuk coba gratis selama 30 hari.