3 Kegiatan Sosial saat Bulan Ramadhan

-

Pada bulan ramadhan mungkin beberapa dari Anda sering menghabiskan waktunya untuk jalan-jalan ngabuburit, nongkrong sama teman, menonton TV atau hanya sekadar rebahan di kamar. Tapi, disaat pandemi sekarang ini, aktivitas masyarakat dibatasi orang-orang jadi kesulitan dan bingung mencari kegiatan apa yang cocok dilakukan untuk mengisi bulan ramadhan.

Sebenarnya ada banyak cara untuk mengisi waktu di bulan ramadhan selain rebahan, Anda bisa sedikit produktif saat menunggu adzan magrib seperti workout di rumah, menyiram tanaman, membaca buku bisnis, sekadar mendengarkan radio atau podcast.

Baca juga : Tips Tetap Produktif Saat Work From Home

Setidaknya dengan kegiatan tersebut Anda lebih sehat secara jiwa dan raga. Tapi, ada salah satu kegiatan yang perlu anda coba untuk mengisi bulan ramadhan selain untuk kebutuhan diri sendiri, yaitu memberikan sesuatu kepada orang lain atau melakukan kegiatan sosial.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Psychological Science, ditemukan bahwa memberi kepada orang lain adalah sumber kebahagian diri seseorang, terlepas dari seberapa sering dia melakukannya.

Penelitian yang dilakukan oleh Ed O’Brien, Ph.D seorang peneliti psikolog dari University of Chicago Booth School of Business dalam penelitiannya ditemukan bahwa memberi secara rutin dan berulang kali, dengan cara yang sama maupun kepada orang yang sama, bisa memberikan kebahagiaan yang menyenangkan dan tahan lama.

Maka dari itu, alangkah baiknya kegiatan yang dilakukan saat bulan ramadhan bermanfaat untuk banyak orang, karena apa yang kita perbuat di bulan ramadhan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Tentunya, Anda tidak ingin melewatkan kesempatan besar ini, bukan?

Berikut ini beberapa kegiatan sosial yang perlu Anda lakukan saat bulan ramadhan untuk memperoleh pahala dan mendapatkan kebahagiaan.

Membuat yayasan

Terkadang hidup bukan selalu tentang uang, ketika membuat yayasan Anda perlu menyingkirkan pikiran tentang mendapatkan keuntungan. Karena sebuah yayasan dibentuk berlandaskan kepedulian antar sesama untuk berbagi kebahagiaan dan di yayasan juga Anda belajar tentang kepekaan.

Bulan ramadhan menjadi momentum yang pas buat Anda yang ingin membuat sebuah yayasan, banyak dari mereka yang terkadang bingung untuk menyalurkan rejekinya kemana. Dengan perantara sebuah yayasan diharapkan dapat mempermudah membagi kebahagiaan.

Ada berbagai macam perusahaan dengan program CSR-nya secara sukarela memberikan bantuan dana bagi mereka yang membutuhkan, salah satunya PT. Indosterling Technomedia yang pada tahun ini mencari yayasan yang siap menerima dana cukup dengan mengirimkan proposal yang nantinya akan disalurkan kepada yang membutuhkan bantuan disaat pandemi sekarang ini.

Membagikan makanan sahur atau buka puasa di jalan

Masih banyak orang diluar sana yang membutuhkan makanan, ditambah saat pandemi beberapa dari saudara kita kesulitan untuk mencari makan. Di bulan ramadhan seperti sekarang ini menjadi kesempatan buat Anda untuk berbagi kepada mereka dengan memberikan makanan untuk sahur atau makanan untuk berbuka puasa.

Biasanya kegiatan ini dilakukan oleh beberapa komunitas atau organisasi bahkan sekelas perusahaan untuk melakukan kegiatan sosial seperti ini. Beberapa dari mereka mencoba melakukan funding atau mencari dana kepada orang-orang sekitar dengan membuka donasi atau program CSR perusahaan untuk mendapatkan uang dan dijadikan beberapa kotak makanan.

Anda bisa memanfaatkan momentum berbagi ini bekerjasama dengan beberapa tokoh masyarakat sekitar, seperti karang taruna, RT/RW dan pihak yang berwajib untuk melaksanakan kegiatan bagi-bagi makanan agar tidak menimbulkan kericuhan dan kegiatan tersebut berjalan dengan tertib.

Memberikan santunan

Sebagian besar dari Anda ketika di penghujung bulan ramadhan terkadang khilaf dalam berbelanja barang seperti baju lebaran dan parcel dengan membeli jumlah yang banyak. Namun, banyak dari saudara-saudara kita yang masih kekurangan dan tidak mampu untuk membeli barang tersebut.

Di bulan ramadhan yang penuh berkah, Anda perlu menyisihkan rejeki untuk diberikan kepada mereka yang membutuhkan atau sering disebut sebagai santunan. Untuk memberikan santuan sendiri tidak harus uang, Anda bisa coba berikan berupa sembako (makanan harian) atau juga parcel lebaran.

Kalau Anda ingin memberikan santunan berupa uang, coba lihat sekitar rumah Anda apakah terdapat orang yang membutuhkan salah satunya seperti anak yatim dan kaum dhuafa. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan teknologi untuk melakukan donasi melalui online yang di provide oleh beberapa perusahaan atau yayasan.

Nah, beberapa hal diatas merupakan kegiatan sosial yang cocok saat bulan ramadhan, supaya kegiatan tersebut berjalan dengan lancar Anda harus menjalaninya dengan ikhlas. Kira-kira tahun ini kegiatan sosial apa yang ingin Anda buat, tulis di kolom komentar dibawah ini ya!