3 Hidangan Lebaran yang Tidak Boleh Ketinggalan

-

Lebaran menurut umat islam merupakan hari kemenangan, dimana seseorang mampu menjalankan ibadah puasa selama 30 hari kebelakang. Untuk menyambut hari lebaran, sebagian besar orang telah menyiapkan beberapa hal seperti amplop lebaran dan juga hidangan makanan yang tidak boleh ketinggalan.

Baca juga : 4 Desain Amplop Lebaran yang Kekinian

Sebagian dari mereka mungkin juga termasuk Anda sekarang sudah sibuk untuk membuat atau merencanakan list makanan apa saja yang nanti dimasak.

Makanan saat lebaran sungguh dinanti-nanti, karena sebagian besar orang menikmati makanan tersebut saat waktu lebaran saja. Selain itu, makanan juga dapat mempererat tali silaturahmi antar keluarga.

Pada umumnya setiap rumah sudah mempersiapkan berbagai makanan saat lebaran tiba. Makanan berat dan makanan ringan tidak boleh terlewatkan. Kedua makanan tersebut sudah hampir menjadi tradisi sebagian besar orang untuk menyiapkan hidangan tersebut saat lebaran.

Hidangan makanan ringan Anda bisa dapatkan dengan mudah dimana saja, beberapa makanan ringan yang tidak boleh ketinggalan seperti biskuit, astor, atau kue-kue kering. Namun, alangkah baiknya apabila makanan berat untuk santapan saat lebaran nanti Anda buat sendiri bersama keluarga.

Dari tahun ke tahun makanan berat yang dihidangkan saat lebaran tidaklah jauh berbeda, namun Anda bisa kreasikan sendiri sesuai dengan selera Anda dan keluarga. Berikut ini beberapa hidangan makanan berat yang tidak boleh ketinggalan saat lebaran.

Rendang

Hidangan rendang sudah tidak diragukan lagi sebagai pilihan makanan, sebagian besar keluarga di rumahnya memasak rendang untuk menemani santapan di saat lebaran. Makanan yang berasal dari Sumatera hampir disukai oleh seluruh masyarakat Indonesia karena memiliki cita rasa yang tidak ada lawannya.

Makanan yang berbahan dasar daging ini biasanya kita jumpai di rumah makan pinggir jalan. Tapi, saat lebaran tiba rendang menggugah selera untuk siapa saja dan sebagian besar orang rela memasak rendang dengan waktu yang cukup lama.

Beberapa jenis daging dapat dijadikan rendang, seperti daging ayam, daging sapi, dan juga daging kambing. Pada umumnya daging yang digunakan saat lebaran yaitu menggunakan daging sapi, namun Anda bisa pilih dan sesuaikan selera daging lain untuk dijadikan rendang.

Saat Anda ingin memasak rendang untuk lebaran nanti ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, seperti pastikan daging yang dimasak 1-2 hari sebelum waktu lebaran tiba agar rendang yang dihasilkan lebih empuk.

Gulai sayur

Ada beberapa jenis bahan makanan yang dapat dijadikan gulai, contohnya seperti daging. Namun, apabila Anda bosan dengan gulai daging, saat lebaran nanti Anda bisa coba gulai sayur sebagai hidangan untuk menambah citra rasa makanan saat lebaran tiba.

Memiliki citra rasa yang gurih dan sedikit pedas, gulai menjadi hidangan yang pas jika dikombinasikan dengan menu makanan lainnya. Seperti, potongan daging kecil-kecil atau Anda bisa coba telur rebus untuk campuran gulai.

Perlu diingat, tidak semua jenis sayur dapat dijadikan gulai yang nikmat. Ada beberapa sayuran yang perlu Anda coba untuk dijadikan gulai, seperti daun singkong, pakis, dan nangka muda.

Gulai juga dapat dijadikan menu tambahan atau menu utama, memiliki tekstur dan cita rasa yang gurih membuat gulai sayur menjadi menu istimewa untuk keluarga saat lebaran tiba. Jangan lupa, tambahkan bawang goreng agar gulai yang Anda masak memiliki rasa yang menggugah selera.

Opor ayam

Hidangan terakhir yang tidak boleh ketinggalan saat lebaran yaitu opor ayam. Walaupun Anda sering makan selain waktu lebaran, karena pengolahannya yang mudah hidangan berbahan dasar ayam ini tidak boleh absen di meja makan saat lebaran.

Cukup dengan merebus ayam yang dimasak dengan rempah-rempah seperti serai, kencur, dan ditambah santan agar hidangan ini semakin mantap untuk disantap dan jadilah masakan yang gurih nan lezat.
Anda bisa tambahan rebusan potongan kentang kecil-kecil, telur, tempe dan tahu untuk menambahkan cita rasa dari opor ayam.

Beberapa hidangan diatas merupakan makanan yang hampir setiap tahunnya tidak pernah absen. Agar saat menyambut hari kemenangan bersama keluar lebih afdol Anda bisa coba masakan tersebut untuk menemai santapan saat lebaran.

Karena hidangan tersebut berupa lauk pauk, Anda bisa sesuaikan selera Anda dan keluarga untuk tambahkan ketupat atau nasi sebagai pendamping untuk makanan tersebut. Jadi, lebaran tahun ini hidangan apa yang Anda sajikan bersama keluarga? Tulis kolom komentar dibawah ini ya!