3 Contoh Kegiatan Produktif saat Ramadhan

-

Selama bulan ramadhan di kondisi sekarang ini kegiatan atau aktivitas kita sangat terbatas karena adanya pemberlakuan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), kita diharuskan untuk belajar, bekerja, dan kegiatan lainnya hanya di rumah saja. Kegiatan yang terus berulang tersebut tidak jarang membuat sebagian besar orang menjadi jenuh atau bosan.

Setelah selesai belajar ataupun bekerja sampai azan magrib tiba, merupakan jam-jam kritis atau puncaknya muncul rasa bosan Anda. Terkadang, kondisi tersebut membuat  dimana sebagian besar orang mungkin termasuk Anda bingung untuk mengisi waktu dengan apa.

Baca juga : 3 Kegiatan Sosial saat Bulan Ramadhan

Salah satu cara yang paling tepat untuk menghilangkan rasa bosan, yaitu tetap melakukan kegiatan yang produktif. Terdengar cukup sulit untuk memulainya, mungkin Anda bisa coba secara perlahan setiap harinya walaupun hanya sebentar. Dengan mengisi waktu melakukan kegiatan produktif sampai azan magrib tiba bagus untuk pengembangan diri Anda.

Menurut Gary Vee seorang pengusaha dan public speaker saat di wawancara dengan salah satu media Amerika perihal kondisi pandemi sekarang ini, dia memberikan beberapa tips untuk kita agar tetap produktif selama dirumah, berikut beberapa rekomendasi kegiatan yang perlu Anda coba.

Olahraga

Bagi sebagian besar orang yang tidak biasa menerapkan stay at home atau social distancing membuat pikiran menjadi stres, seakan-akan dirinya terpenjara karena minimnya kegiatan yang dilakukan. Menurut penelitian neurologist salah satu untuk menghilangkan stres atau coping with stres adalah dengan olahraga.

Olahraga selain menyehatkan untuk tubuh, kegiatan ini juga dapat menyehatkan pikiran. Nah, disini penting sekali buat kita untuk setidaknya melakukan olahraga dirumah agar tetap sehat jiwa dan raga. Kalau pikiran dan fisik kita kurang sehat alias drop, kondisi seperti ini akan membuat seseorang akan mudah jatuh sakit.

Cara sederhana untuk melakukan olahraga disaat pandemi sekarang ini Anda bisa coba lakukan jogging keliling perumahan atau taman yang memiliki jogging track. Selain itu, Anda juga bisa melakukan senam atau yoga dirumah hanya bermodalkan matras dan kuota internet untuk menonton video tutorialnya.

Kelas online

Biasanya saat sabtu atau minggu sebagian besar orang menghabiskan waktunya untuk hangout bersama teman terdekat atau keluarga ke mall atau tempat keramaian lainnya. Adanya pemberlakuan PSBB waktu weekend Anda harus terpaksa dirumah saja. Dengan waktu kosong tersebut Anda bisa coba mengisinya dengan mengikuti kelas online.

Mengikuti kursus online sangat penting sekali untuk kita, kegiatan ini dapat dikatakan sebagai investasi hari ini dan juga nanti. Karena disaat pandemi banyak beberapa jenis pekerjaan yang bisa dibilang akan hilang atau tergantikan, maka dari itu Anda perlu mempelajari skill baru apabila terjadi pandemi lagi dan dengan memiliki skill baru Anda siap diwaktu yang akan datang.

Sekarang ini sudah banyak lembaga-lembaga yang menyediakan pembelajaran kelas online, baik itu gratis maupun yang berbayar. Mungkin, Anda bisa salah satu mencoba platform kelas online dari pemerintah melalui kartu prakerja. Selain itu, Anda juga bisa nonton video dengan keyword tutorial, 101 dan basic skill tertentu di Youtube secara gratis.

Membaca buku

Sama seperti tubuh atau fisik seseorang, otak juga perlu dilatih agar tetap sehat dan mampu bekerja secara maksimal, salah satu caranya yaitu dengan membaca buku. Menurut beberapa penelitian yang pernah dilakukan oleh American Academy of Neurology membaca buku dapat melatih daya ingat dan juga konsentrasi seseorang.

Cara melatih membaca dengan efektif dapat menggunakan teknik Podomoro, yaitu dengan membaca buku selama 25 menit dan jeda selama 5 menit untuk istirahat. Selain itu, Anda juga bisa coba membaca 10-15 halaman saja setiap harinya. Anda bisa lakukan kegiatan ini dikala waktu istirahat bekerja atau menunggu adzan magrib tiba.

Zaman teknologi digital seperti sekarang ini sudah tidak perlu dikhawatirkan lagi, ada berbagai kemudahan yang ditawarkan. Apabila Anda tidak memiliki buku fisik sekarang sudah ada e-book, cukup dengan menggunakan internet Anda bisa mengakses berbagai macam buku seperti buku fiksi atau non-fiksi dan mendownloadnya secara gratis melalui Google.

Walaupun lagi masa karantina seperti sekarang ini tidak menutup kemungkinan Anda dapat mengembangkan diri Anda dirumah, ambil kesempatan ini untuk mengembangkan skill lain ataupun tetap menjaga kesehatan fisik. Coba lakukan beberapa hal diatas secara rutin, dijamin selama 30 hari kedepan pribadi Anda akan lebih baik.

Selama bulan ramadhan ini, kegiatan produktif apa saja yang sudah Anda lakukan? Tulis kolom komentar dibawah ini ya!